Saturday 5th of October 2024
×

Dapat SMS Utang Pinjol Orang Lain? Kok Ngeri Banget Sih Datanya Kesebar

Dapat SMS Utang Pinjol Orang Lain? Kok Ngeri Banget Sih Datanya Kesebar

--

SMS Utang Pinjol Orang Lain

Penipuan terkait pinjaman online (pinjol) ilegal makin marak. Bahkan, modusnya pun beragam. Sejumlah masyarakat pernah mengeluhkan bahwa mereka pernah mendapatkan penagihan utang padahal tidak melakukan pinjaman. 

Biasanya hal tersebut menjadi konsekuensi atas kebijakan ketika seseorang tidak membayar hutang. Terlebih hal ini supaya tak merugikan peminjam. Konsekuensinya yakni nasabah akan dimasukkan ke dalam daftar black list sehingga ia tak akan bisa lagi meminjam, baik di pinjol maupun perbankan.


Baca juga: Oknum Nakal Bisa Salahgunakan CV Lamaran Jadi Data Pinjol Ilegal, Jangan Isi Bagian Ini!

Baca juga: Ngeri Banget Cuy! Jangan Share CV Lengkap Saat Melamar Kerja, Bisa Jadi Data Pinjol Ilegal!

Baca juga: Marak Penipuan Lewat DM Instagram, Ketahui Cara Mencegah Pishing Agar Tidak Tergiur Rayuan Pelaku!

Akan tetapi kasusnya lain lagi jika berhutang ke pinjol yang tak terdaftar, bukannya hutang kita di hanguskan atau masuk ke daftar black list, yang ada justru kita bakal diteror buat bayar. Belum cukup meneror nasabah, pihak aplikator biasanya juga akan mem-blast pesan tagihan ke semua kontak yang disimpan nasabah agar menyampaikan tagihan kepada yang bersangkutan. Entah, bagaimana mereka bisa mendapat data kontak ini. Bisa jadi, aplikasi pinjol yang diinstall punya akses untuk membaca data kontak sehingga sewaktu-waktu nasabah terlambat membayar cicilan, pihak pinjol bisa mengirim pesan ke nomor yang ada di kontak nasabah. Ini pula yang menjadi salah satu kerugian jika meminjam di pinjol illegal ketika mereka tidak mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh regulator.

Nah, itu dia informasi sekilas yang bisa kami sampaikan tentang SMS utang pinjol orang lain. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

UPDATE TERBARU