Sunday 6th of October 2024
×

Ngeri Banget Cuy! Jangan Share CV Lengkap Saat Melamar Kerja, Bisa Jadi Data Pinjol Ilegal!

Ngeri Banget Cuy! Jangan Share CV Lengkap Saat Melamar Kerja, Bisa Jadi Data Pinjol Ilegal!

--

BISNIS – Hal ngeri kali ini hadir tentang adanya kasus dengan adanya berita ketika share CV lengkap saat melamar kerja bisa disalahgunakan untuk daftar data pinjol ilegal. Tentunya hal ini sangat mengkhawatirkan terutama untuk para pencari kerja.

Terlebih data-data yang disajikan dalam CV biasanya sangat detail untuk keperluan melamar kerja. Untuk itu, kamu harus berhati-hati ketika menyajikan ragam informasi di dalamnya.


Baca juga: Marak Penipuan Lewat DM Instagram, Ketahui Cara Mencegah Pishing Agar Tidak Tergiur Rayuan Pelaku!

Baca juga: Korban Pishing Bertambah! Penipuan Lewat DM Instagram Iming-iming Link Video Dewasa, Begini Penjelasannya

Baca juga: Kronologi Modus Penipuan Like dan Subscribe Seorang Karyawati Capai Kerugian Puluhan Juta, Bak Jatuh Tertimpa Tangga!

Data pinjaman online ini memang begitu mengkhawatirkan. Pasalnya tak sedikit orang yang mendapatkan teror hingga penyebaran data. Pinjaman online merupakan suatu jasa pemberian pinjaman uang secara daring melalui platform digital atau aplikasi perbankan elektronik. Ini adalah bentuk alternatif pinjaman yang memungkinkan individu atau bisnis untuk mengajukan pinjaman melalui proses yang lebih cepat dan mudah.

Keuntungan utama dari pinjaman online adalah kemudahan dan kenyamanan prosesnya. Peminjam dapat mengajukan pinjaman kapan saja dan di mana saja tanpa harus mengunjungi kantor atau menghadapi proses yang rumit. Selain itu, persetujuan dan pencairan dana biasanya dilakukan dalam waktu yang relatif singkat.

Cukup bermodalkan KTP dan smartphone, sekarang pengajuan di pinjol sangatlah mudah dan bisa dilakukan melalui aplikasi. Meskipun ada resikonya jika pembayaran telat, akan tetapi ini bisa digunakan ketika terdapat kebutuhan yang benar-benar mendesak.

Jangan Share CV Lengkap Saat Melamar Kerja

Informasi himbauan terkini hadir di media sosial Twitter yang memaparkan ancaman penyebaran data pribadi untuk pinjol ketika menyajikan di sebuah CV untuk melamar kerja. Diketahui dari tweet @txtdrlinkediin menyarankan agar para pencari kerja itu jangan terlalu lengkap dan detail untuk menuliskan informasi pribadi di dalam CV.

Alasannya karena bisa disalahgunakan untuk kepentingan lain seperti daftar pinjaman online. Terlebih jika menyajikan CV di media sosial sehingga akan memudahkan data pribadi menyebar dengan begitu mudahnya.

Baca juga: Bukannya Untung Malah Buntung! Penipuan Berkedok Like dan Subscribe, Seorang Karyawati Jadi Korban

Baca juga: Fintech yang Terdaftar di OJK Data Terbaru 2023, Dijamin Tidak Abal-Abal!

Baca juga: List Pinjol yang Terdaftar di OJK 2023, Terjamin Legal No Tipu-Tipu!

Jadi, sebaiknya jika sebelum diterima masuk kerja jangan share data pribadi kita. Kalau ketika sudah diterima kerja keperluan data pribadi itu diperbolehkan karena biasanya untuk keperluan HRD dan untuk perpajakan dan reimburse kesehatan.

Jika ingin mengetahui kasus lengkapnya, kamu bisa cek di tautan berikut.

KLIK DISINI!

Nah, itu dia pembahasan sekilas mengenai adanya berita ketika CV untuk melamar kerja disalahgunakan untuk keperluan pinjol. Semoga bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU