Sunday 6th of October 2024
×

Apakah Gunung Salak Masih Aktif? Waspada! Begini Profil Lengkapnya

Apakah Gunung Salak Masih Aktif? Waspada! Begini Profil Lengkapnya

--

Dilansir dari berbagai sumber, Gunung Salak merupakan salah satu gunung api strato Tipe A. Gunung Salak memiliki ketinggian kurang lebih 2.210 meter di atas permukaan laut (mdpl). Secara rutin, aktivitas Gunung Salak yang terletak di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi ini dipantau melalui Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Salak, yang berada di Desa benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Baca juga: Kode Redeem FF SG2 Minggu 21 April 2024, Masih Aktif 1 Menit Lalu! Buruan Sikat Sekarang


Baca juga: Lowongan Kerja PT Kaltim Diamond Coal April-Mei 2024, Perusahaan Bidang Pertambangan di Indonesia

Sejarah Erupsi Gunung Salak

Erupsi terakhir Gunung Salak terjadi pada tahun 1938. Saat itu erupsi Gunung Salak berupa erupsi freatik dari Kawah Cikuluwung Putri. Sejak itu kegiatan terakhir hanya berupa bualan lumpur di Kawah Ratu dan Kawah Hirup serta tembusan solfatara dan fumarol di Kawah Ratu.

Berdasarkan data dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, sejak tahun 1600-an tercatat terjadi beberapa kali erupsi atau letusan Gunung Salak. Di antaranya yakni pernah terjadi letusan atau erupsi pada tahun 1668-1699, tahun 1780, tahun 1902-1903, tahun 1935, dan terakhir 1938.

Gunung Salak Masih Aktif atau Tidak?

Gunung Salak termasuk jajaran gunung berapi yang masih aktif. Bahkan ada beberapa kawah di Gunung Salak yang masih aktif, seperti Kawah Ratu, Cikuluwung Putri, dan Kawah Hirup.

Baca juga: BUG XL Diamond ML di Aplikasi myXL Hari Ini April 2024, dari 5DM Hingga 875DM, Begini Cara Klaimnya

Baca juga: Kumpulan Bug XL Terbaru 2024 Gratis Kuota Internet Unlimited, Begini Cara Menggunakannya!

Sumber:

UPDATE TERBARU