Monday 8th of July 2024
×

Apakah Gunung Salak Masih Aktif? Waspada! Begini Profil Lengkapnya

Apakah Gunung Salak Masih Aktif? Waspada! Begini Profil Lengkapnya

--

BISNIS – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai profil Gunung Salak yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Gunung berapi atau gunung api secara umum adalah istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus.


Gunung berapi di Bumi terbentuk dikarenakan keraknya terpecah menjadi 17 lempeng tektonik utama yang kaku dan mengambang di atas lapisan mantel yang lebih panas dan lunak. Oleh karena itu, gunung berapi di Bumi sering ditemukan di batas divergen dan konvergen dari lempeng tektonik. Gunung berapi biasanya tidak terbentuk di wilayah dua lempeng tektonik bergeser satu sama lain.

Baca juga: Cara Instal Mango Live Mod APK Unlimited Room 2024, Bisa Nonton Streaming Tak Terbatas!

Baca juga: Download 3DP Chip Lite Latest Version 2024, Mempermudah Pencarian Driver PC! Gratis Unduh Disini

Sekilas Tentang Gunung Salak

Gunung Salak merupakan salah satu gunung berapi di Jawa Barat. Secara administratif, lokasi kawasan rangkaian Gunung Salak termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Pengelolaan kawasan hutan Gunung Salak semula berada di bawah Perum Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bogor. Namun sejak 2003 hingga kini, pengelolaannya di bawah Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGHS).

Sumber:

UPDATE TERBARU