Wednesday 3rd of July 2024
×

Apakah Gunung Tambora Masih Aktif di Tahun 2024 Ini? Ini Dia Fakta Menarik Gunung Berapi di Pulau Sumbawa Itu

Apakah Gunung Tambora Masih Aktif di Tahun 2024 Ini? Ini Dia Fakta Menarik Gunung Berapi di Pulau Sumbawa Itu

--

BISNIS – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai profil Gunung Tambora yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Gunung berapi atau gunung api secara umum adalah istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus.


Gunung berapi di Bumi terbentuk dikarenakan keraknya terpecah menjadi 17 lempeng tektonik utama yang kaku dan mengambang di atas lapisan mantel yang lebih panas dan lunak. Oleh karena itu, gunung berapi di Bumi sering ditemukan di batas divergen dan konvergen dari lempeng tektonik. Gunung berapi biasanya tidak terbentuk di wilayah dua lempeng tektonik bergeser satu sama lain.

Baca juga: Masih Aktif! Daftar Kode Redeem Temple of Shadows Hari Ini 21 April 2024, Nw Update Cek Disini!

Baca juga: Cara Instal Mango Live Mod APK Unlimited Room 2024, Bisa Nonton Streaming Tak Terbatas!

Sekilas Tentang Gunung Salak

Gunung Tambora terletak di Pulau Sumbawa, bagian dari kepulauan Nusa Tenggara. Gunung ini adalah bagian dari busur Sunda, tali dari kepulauan vulkanik yang membentuk rantai selatan kepulauan Indonesia.

Tambora membentuk semenanjung di pulau Sumbawa yang disebut Semenanjung Sanggar. Di sisi utara semenanjung tersebut terdapat Laut Flores dan di sebelah selatan terdapat Teluk Saleh dengan panjang 86 km dan lebar 36 km. Pada mulut Teluk Saleh terdapat pulau kecil yang disebut Pulau Moyo.

Sumber:

UPDATE TERBARU