Saturday 28th of September 2024
×

3 Penerapan Segitiga Restitusi Apa Saja? Cek Disini Detail Lengkap Beserta Contohnya!

3 Penerapan Segitiga Restitusi Apa Saja? Cek Disini Detail Lengkap Beserta Contohnya!

--

BISNIS - Pada rangkuman pembahasan dibawah ini kami akan membagikan informasi terkait dengan langkah-langkah penerapan segitiga Restitusi yang terdiri dari 3 hal. Langsung saja, simak selengkapnya hanya pada uraian dibawah ini yuk.

Segitiga restitusi membantu siswa menjadi lebih bertekad, menerapkan disiplin positif, dan memulihkan diri mereka sendiri setelah melakukan kesalahan.


Dengan pendekatan restitusi, ketika siswa melakukan kesalahan, guru merespons dengan mengajak siswa untuk memikirkan apa yang dapat mereka lakukan untuk memperbaiki kesalahan mereka agar menjadi pribadi yang lebih baik dan menghargai diri mereka sendiri.

Baca juga: Robot Merah Hack Tools Cheat Siap Gacorkan Akun dan Pasti Menang Untung Melimpah, Langsung Cobain!

Baca juga: Kumpulan Akun Cheat Impiantoto dan Cara Aktivasi Update Terbaru 2024, Bisa Menang Slot Ratusan Kali Tanpa Pusing!

Menurut buku Evolusi Pendidikan Bersama Calon Guru Penggerak (2022) karya Rusliy dan kawan-kawan, restitusi adalah cara untuk menanamkan disiplin positif kepada murid. Restitusi bukan tentang menebus kesalahan, tapi tentang belajar dari kesalahan. Tujuannya adalah untuk memperbaiki hubungan.

Ini adalah sebuah tawaran, bukan paksaan. Restitusi menuntun kita untuk melihat ke dalam diri kita sendiri, untuk mencari kebutuhan mendasar yang mendasari tindakan tersebut dan lebih fokus pada karakter daripada tindakan.

Tahapan Segitiga Restitusi

Strategi restitusi adalah sebagai berikut:

1. Menstabilkan identitas/stabilize the identity
2. Validasi tindakan yang salah/validate the Misbeh
3. Menanyakan keyakinan /Seek the Belief

Dalam hal ini, peran guru/orang tua sangat penting dalam menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa/anak untuk menyelesaikan masalah dan melakukan hal yang lebih baik dengan mengatakan, "semua orang pasti pernah berbuat salah", dan bukan mengatakan "kamu harus lakukan ini, kalau tidak maka..."

Baca juga: Download Kayla Purwodadi Grobogan Viral Video 8 Menit Full Mediafire, Masih Viral di Cari Netizen!

Tahapan Pertama

Tahap pertama, di dasar segitiga restitusi, adalah menstabilkan identitas. Jika anak-anak berperilaku buruk, itu karena beberapa kebutuhan dasar mereka tidak terpenuhi.

Tujuan dari bagian dasar segitiga restitusi adalah untuk mengubah orang yang gagal karena melakukan kesalahan menjadi orang yang berhasil. Anda harus dapat meyakinkan mereka dengan mengatakan hal-hal seperti: “Tidak ada yang sempurna:

Sumber:

UPDATE TERBARU