Sunday 16th of June 2024
×

Pengertian Segitiga Restitusi Beserta Contoh Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Segitiga Restitusi Beserta Contoh Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari

--

BISNIS - Pada rangkuman pembahasan dibawah ini kami akan membagikan informasi terkait dengan contoh penerapan Segitiga Restitusi beserta dengan contoh penerapannya. Langsung saja, simak informasi lengkapnya hanya pada ulasan berikut ini. 

Dikutip dalam buku Catatan Mengemudi Merdeka Belajar (2023) karya Milaini dan kawan-kawan, restitusi merupakan salah satu pendekatan yang dapat diterapkan dalam disiplin positif.


Restitusi adalah proses menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa untuk memperbaiki kesalahannya,  sehingga ia dapat kembali ke kelompoknya dengan karakter yang lebih kuat. Sebagai informasi, restitusi juga memperkenalkan segitiga restitusi yang diilustrasikan pada gambar berikut:

Baca juga: Wifi Hack Premium MOD Apk 2024 Free Download, Solusi Tampilkan Password yang Dikunci!

Baca juga: Download Kayla Purwodadi Grobogan Viral Video 8 Menit Full Mediafire, Masih Viral di Cari Netizen!

undefined

Segitiga restitusi membantu siswa menjadi lebih bertekad, menerapkan disiplin positif, dan memulihkan diri mereka sendiri setelah melakukan kesalahan.

Dengan pendekatan restitusi, ketika siswa melakukan kesalahan, guru merespons dengan mengajak siswa untuk memikirkan apa yang dapat mereka lakukan untuk memperbaiki kesalahan mereka agar menjadi pribadi yang lebih baik dan menghargai diri mereka sendiri.

Tentang Segitiga Restitusi

Menurut buku Evolusi Pendidikan Bersama Calon Guru Penggerak (2022) karya Rusliy dan kawan-kawan, restitusi adalah cara untuk menanamkan disiplin positif kepada murid. Restitusi bukan tentang menebus kesalahan, tapi tentang belajar dari kesalahan. Tujuannya adalah untuk memperbaiki hubungan.

Ini adalah sebuah tawaran, bukan paksaan. Restitusi menuntun kita untuk melihat ke dalam diri kita sendiri, untuk mencari kebutuhan mendasar yang mendasari tindakan tersebut dan lebih fokus pada karakter daripada tindakan.

Baca juga: Download Kayla Purwodadi Grobogan Viral Video 8 Menit Full Mediafire, Masih Viral di Cari Netizen!

Tahapan Segitiga Restitusi

Berikut ini adalah tahapan Segitiga Restitusi adalah sebagai berikut:

1. Menstabilkan identitas/stabilize the identity
2. Validasi tindakan yang salah/validate the Misbeh
3. Menanyakan keyakinan /Seek the Belief

Sumber:

UPDATE TERBARU