Saturday 5th of October 2024
×

Info Pintu Air Katulampa April 2024 Terupdate Cek Banjir Online Dan Ketinggian Bendungan Langsung Di Sini!

Info Pintu Air Katulampa April 2024 Terupdate Cek Banjir Online Dan Ketinggian Bendungan Langsung Di Sini!

--

Bendungan Katulampa Jadi Alarm Peringatan Banjir di Jakarta

Bendungan Katulampa mulai beroperasi sejak 11 Oktober 1912. Total biaya yang dikeluarkan 80.000 gulden. Bendungan yang juga hasil karya Ir. Hendrik van Breen ini memiliki panjang total 74 m, dengan 5 inlaatsluis (pintu untuk mengalirkan arus ke kawasan di bawah), 3 spuisluis (pintu untuk menahan air, jika volume air berlebihan dan mengancam kawasan bawah), dengan lebar masing-masing pintu 4 meter.

Tak hanya untuk pengendalian banjir bendungan ini juga memiliki fungsi sampingan sebagai sistem irigasi. Berkat bendungan ini sebanyak 10.000 bouw sawah (orang Jawa menyebutnya bau, 1 bouw ekuivalen dengan 0,7 hektar) dapat diairi melalui Oosterslokkan (Kali Baru).


Hingga tahun 1990, areal persawahan di Bogor dan Jakarta masih banyak, yakni 2.414 hektare. Namun kini sawah hampir habis. Hanya Bogor dan Cibinong yang masih memiliki 72 hektar sawah, sementara Jakarta sama sekali habis. Sehingga fungsi irigasi Bendungan Katulampa bisa dikatakan sudah berakhir akibat punahnya areal persawahan di Bogor dan Jakarta.

Sejak saat itu hingga kini bendungan ini selalu jadi garda terdepan yang menghadapi banjir sebelum mengarah ke Jakarta dan sekitarnya. Bendung Katulampa terletak di Jalan Pemuda 2 No.32 Sindangrasa, RT.04/RW.19, Katulampa, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Buat warga Jadetabek atau sekitar kota Bogor, ambil jalan tol yang mengarah ke kota Bogor, karena kampung air ini memiliki jarak tempuh 4 KM saja dari gerbang tol Bogor.

Baca juga: Link Download Script Termux Slot Pragmatic Play Tergacor 2024, Gokil! Auto Grand Jackpot Seharian

Baca juga: Download Mobgirl Farm ~Pew Pew Clicker~ MOD APK Terbaru 2024 Unlimited Money, Modal Klik Doang Bikin Kencanduan

Baca juga: Agen Es Batu Kristal Terdekat dengan Lokasi Saya, Sudah Jadi Langganan Puluhan Restoran dan Kedai

Info Pintu Air Katulampa April 2024 Terupdate 

Ketinggian pintu air di musim hujan yang dapat menyebabkan banjir bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk topografi daerah, curah hujan, kapasitas saluran air, dan efisiensi sistem pengelolaan air.

Di daerah dengan curah hujan tinggi dan sistem drainase yang buruk, ketinggian pintu air yang relatif rendah dapat menyebabkan banjir. Curah hujan yang intens dapat menghasilkan aliran air yang cepat dan besar, yang bisa melebihi kapasitas saluran air dan membanjiri daerah sekitarnya.

Bagaimana? Itulah ulasan terkait info pintu air katulampa april 2024 terupdate. Semoga artikel ini bisa membantu, ya!

Sumber:

UPDATE TERBARU