Sunday 6th of October 2024
×

Viral Gunung Kelud Hari Ini Dikabarkan Siaga 1, Kominfo dan Pos Pantau Blitar Bantah Sebut HOAX

Viral Gunung Kelud Hari Ini Dikabarkan Siaga 1, Kominfo dan Pos Pantau Blitar Bantah Sebut HOAX

--

Gunung Kelud

“Postingan itu tanpa dikasih keterangan apapun seolah-olah itu berita terkini. Padahal itu berita lama tahun 2014 yang ada di web BNPB,” lanjut pengamat yang bernaung di bawah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) ini.

Budi menegaskan, informasi tersebut tidak sesuai dengan konteks saat ini. Kondisi Gunung Kelud hingga kini masih berstatus normal dan tidak mengalami perubahan status apapun.


Status normal itu berdasarkan kesimpulan atas hasil pengamatan dari sejumlah alat yang dimiliki pos pantau. Alat tersebut di antaranya adalah perangkat seismograf, CCTV, maupun perangkat digital lainnya.

Pada pengamatan terakhir pada 14 Februari 2024, kegempaan tektonik jauh tercatat terjadi 5 kali, suhu air kawah 29,4 derajat celsius, serta warna air danau kawah hijau kebiruan.

Budi tidak memungkiri beberapa hari ini terjadi kilatan petir disertai mendung tebal di langit Kediri. Sehingga diduga ada warga yang menghubungkannya dengan kondisi Kelud. Apalagi momentumnya bertepatan dengan peringatan 10 tahun Kelud meletus.

Perihal kilatan itu merupakan fenomena cuaca yang sedang berlangsung dan menurut Budi tidak ada hubungannya dengan Gunung Kelud.

Baca juga: Aktor Tampan Andhika Gumilang Hijrah Usai Sakit Hingga Hampir Meninggal, Nyaris Alami Sakaratul Maut!

Baca juga: Benarkah Bank Jago Penipuan? Waspada Hoax! Begini Respon Langsung dari Perusahaan Untuk Berhati-hati

Baca juga: Download Ganas33 Mod Aplikasi Penghasil Uang 2024, Apakah Terbukti Membayar? Cek Hanya Disni!

Viral Gunung Kelud Hari Ini Dikabarkan Siaga 1

Sebuah video yang dibagikan melalui kanal YouTube soal Gunung Kelud yang berstatus siaga 1 membuat heboh. Video tersebut berjudul “Waspada Gunung Kelud Siaga 1”. Dalam narasinya, kanal YouTube tersebut mengatakan bahwa aktivitas Gunung Kelud mengalami peningkatan.

Faktanya, Kepala Bakesbangpol Kota Blitar Toto Robandriyo menegaskan bahwa informasi yang disampaikan Kanal YouTube itu tidak benar. Dia menegaskan, bahwa Bakesbangpol Kota Blitar tidak pernah mengeluarkan pernyataan atau informasi soal naiknya status Gunung Kelud. Beliau memastikan, informasi tentang kenaikan level kewaspadaan Gunung Kelud yang disampaikan Kanal YouTube tersebut hoaks.

Demikianlah informasi mengenai berita yang tengah viral diantara masyarakat tanah air ini. Jadi Pastikan kamu mengikuti kami untuk terus mendapatkan informasi terupdate! 

Sumber:

UPDATE TERBARU