Saturday 5th of October 2024
×

Apa yang Dimaksud Fokus dalam Strategi Kompetitif? Cek Pembahasan Terlengkap Disini!

Apa yang Dimaksud Fokus dalam Strategi Kompetitif? Cek Pembahasan Terlengkap Disini!

--

BISNIS - Melalui ulasan pembahasna ini, kami akan membagikan informasi terkait dengan 'Apa yang Dimaksud Fokus dalam Strategi Kompetitif?'. Dimana dalam suatu bisnis, penting sekali dalam menentukan strategi yang kompetitif. Simak dalam ulasan dibwah ini. 

Keunggulan kompetitif berkaitan erat dengan pengelolaan strategi bisnis sebuah perusahaan. Ketika konsumen memilih suatu produk dan terus menggunakannya meskipun telah membandingkannya dengan produk pesaing, ini menunjukkan produk tersebut memiliki keunggulan kompetitif.


Produk dengan keunggulan kompetitif ini biasanya dirancang dan dibuat oleh perusahaan sehingga memiliki nilai tambah yang lebih dibanding produk lain di pasaran.

Baca juga: Download Free Fire: The Chaos V1.103.1 Mod Apk Update 2024, Temukan Petualangan Hingga Map Baru!

Baca juga: Loker PT. Perumahan Rakyat Syariah Februari 2024 Buka 2 Lowongan Gaji Rp.5 – 6 Juta Untuk Driver dan Cleaning Service

Pengertian Keunggulan Kompetitif

Keunggulan kompetitif ditentukan oleh bagaimana sebuah produk bisa menonjol dan bersaing di pasar, melalui perencanaan yang matang, strategi pemasaran, dan promosi yang efektif. Menurut Investopedia, keunggulan kompetitif adalah faktor yang memungkinkan perusahaan menghasilkan produk atau jasa dengan kualitas lebih tinggi atau harga lebih murah dari pesaingnya.

Faktor-faktor ini membantu perusahaan mencapai penjualan lebih banyak atau margin keuntungan yang lebih tinggi dari pesaingnya. Keunggulan kompetitif ini membantu sebuah produk menonjol dibandingkan produk lain dalam pasar yang sama.

Istilah "competitive advantage" pertama kali diperkenalkan oleh Michael Porter dalam bukunya yang berjudul sama. Johnson dkk. (2007) menyebutkan bahwa organisasi menciptakan nilai yang tampak lebih baik dan lebih besar melalui produk yang lebih unggul dari pesaing.

Porter (1985) menyatakan nilai adalah sesuatu yang pembeli bersedia membayar, dan nilai superior bisa berasal dari harga yang lebih rendah atau manfaat lebih baik dibandingkan pesaing. Contohnya, Google yang menjadi mesin pencari dengan kualitas lebih unggul dibandingkan mesin pencari lain.

Baca juga: Loker PT. Perumahan Rakyat Syariah Februari 2024 Buka 2 Lowongan Gaji Rp.5 – 6 Juta Untuk Driver dan Cleaning Service

Sumber:

UPDATE TERBARU