Sunday 29th of September 2024
×

Apakah Belanja di AliExpress Kena Pajak Bea Cukai? Begini Ketentuannya!

Apakah Belanja di AliExpress Kena Pajak Bea Cukai? Begini Ketentuannya!

--

Jika kalian sering berbelanja di platform e-commerce internasional pasti sudah akrab dengan AliExpress. AliExpress adalah platform yang komprehensif, menyediakan berbagai macam barang yang dibutuhkan oleh para pecinta belanja online di Indonesia.

Namun, apakah AliExpress dikenakan pajak? Menurut peraturan PMK terbaru, pembelian produk di AliExpress juga akan dikenakan pajak. Hal ini terjadi karena pengiriman barang dilakukan dari luar negeri. Pajak yang diberikan tentu juga akan berbeda.


Baca juga: Rincian Modal Awal Usaha Pakan Ternak dan Cara Memulainya, Calon Pelaku Bisnis Wajib Tau!

Baca juga: Intip Keuntungan Usaha Pecah Belah Perabotan Rumah Tangga yang Bikin Full Senyum Panen Jutaan Tiap Minggu

Baca juga: Perhitungan Modal Usaha Pecah Belah Perabotan Rumah Tangga Ecer dan Grosir, Laba Tinggi Minim Risiko

Tarif Pajak Impor Barang Berdasarkan PMK

Terdapat berbagai jenis barang impor yang datang dari luar negeri, mulai dari barang yang unik hingga yang canggih. Pajak yang dikenakan untuk setiap paket impor adalah sebesar 17,5%. Berikut penjelasan lengkapnya:

- Tarif Pajak Impor untuk Tas

Tas adalah salah satu produk impor yang banyak diminati, baik untuk keperluan fungsional maupun gaya. Pajak impor untuk tas adalah sebesar 35-40%.

- Tarif Pajak Impor untuk Pakaian/Tekstil

Tekstil merupakan produk impor yang sangat diminati di Indonesia. Pajak impor untuk pakaian mengalami kenaikan yang signifikan berdasarkan peraturan PMK terbaru, yakni sebesar 32,5-45%.

- Tarif Pajak Impor untuk Sepatu

Popularitas sepatu impor merek terkenal semakin meningkat belakangan ini. Namun, menurut peraturan PMK terbaru, pajak impor untuk sepatu bisa sangat tinggi, berkisar antara 5-50% tergantung merek yang diimpor.

Tarif pajak impor tersebut dapat digunakan sebagai referensi saat menghitung pajak untuk pembelian di AliExpress pada tahun 2022. Besaran pajak ditentukan berdasarkan harga CIF (Cost Insurance and Freight), yang mencakup harga barang, biaya pengiriman, dan asuransi jika ada.

Demikianlah informasi yang kami sampaikan terkait apakah belanja di AliExpress terdapat pajak bea cukai. Jika kalian berminat belanja disana, bisa menghitung dari harga dan pengiriman tersebut. Sekian dari kami, semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU