Sunday 6th of October 2024
×

Waspada Data Pinjol Tersebar, 7 Cara Ampuh Ini Bisa Amankan Informasi Kontak Dari Debt Collector

Waspada Data Pinjol Tersebar, 7 Cara Ampuh Ini Bisa Amankan Informasi Kontak Dari Debt Collector

--

2. Pastikan tidak meminjam dari pinjaman online ilegal

Tidak semua perusahaan pinjaman online yang menawarkan produknya memiliki izin resmi. Ini berarti prosesnya dapat menghindari pengawasan regulator seperti OJK. Oleh karena itu, pastikan bahwa pinjaman online yang diambil telah terdaftar di OJK dan bukan ilegal. 


3. Perhatikan syarat dan ketentuan dengan baik

Jangan tergoda oleh berbagai penawaran yang disediakan. Teliti dengan baik apakah terdapat persyaratan yang tidak wajar. Jika menemukan persyaratan atau ketentuan yang tidak masuk akal atau tawaran yang terlalu berlebihan, sebaiknya batalkan niat untuk meminjam uang dari pinjaman online tersebut.

4. Unduh aplikasi pinjaman online dari sumber resmi

Cara untuk menghindari penyadapan kontak oleh pinjaman online adalah dengan mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya. Hindari menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Disarankan untuk mengunduh aplikasi pinjaman online dari Play Store atau App Store.

Baca juga: Cara Bayar KTA Kilat Akulaku, Easy Parah! Lancar Transaksi dan Nggak Kena Denda

Baca juga: Menkopolhukam Sebut Tanggungan Utang Pinjol Ilegal Tak Perlu Dibayar! Intip Legalitasnya Berdasarkan Undang-Undang dan Peraturan OJK

Baca juga: Pengalaman Bayar Tagihan KTA Kilat Akulaku Tapi di Aplikasi Statusnya Belum Terbayar, Ternyata Begini Cara Mengatasinya

5. Bedakan antara pinjaman online resmi dan tidak resmi

Salah satu ciri dari pinjaman online resmi adalah bahwa mereka terdaftar dalam daftar yang dikeluarkan oleh OJK. Selain itu, data pribadi pengelola dan alamat kantor biasanya mudah ditemukan. Hal ini berbeda dengan pinjaman online yang tidak resmi, yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. 

6. Pastikan keberadaan perusahaan fintech tersebut

Sebagai nasabah, perlu cermat dalam memilih perusahaan fintech pinjaman online. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membaca berbagai ulasan atau review yang diberikan oleh nasabah lain. 

7. Ganti kartu SIM

Jika menggunakan smartphone yang memiliki dua slot kartu SIM, ada cara untuk melindungi nomor dari pinjaman online. Kalian mengganti nomor HP lama Anda dengan nomor baru untuk menghindari pinjaman online, terutama untuk aplikasi seperti WhatsApp.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara ampuh untuk mengamankan data informasi kontak dari pinjol agar tidak disebar oleh DC sebagai kontak darurat. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa bbermanfaat dan selamat mencoba.

Sumber:

UPDATE TERBARU