Sunday 7th of July 2024
×

Diduga Kelelahan, Petugas KPPS Meninggal Dunia Lebih dari 500 Orang! Ternyata Ini Penyebab Utamanya

Diduga Kelelahan, Petugas KPPS Meninggal Dunia Lebih dari 500 Orang! Ternyata Ini Penyebab Utamanya

--

Baca juga: Daftar Jurusan Sepi Peminat di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) Tahun 2024, Peluang Kerja Besar Bisa Jadi Pilihanmu!

"Mereka merasakan, menilai, tuntutan untuk mengerjakan tugas sebagai petugas Pemilu di lapangan berat, tinggi. Tuntutannya tinggi, keterlibatannya tinggi, sehingga secara psikologis juga muncul kelelahan di atas rata-rata," kata Peneliti Fakultas Psikologi UGM Faturcohman.


Penelitian ini juga mencatat adanya masalah dalam pelaksanaan bimbingan teknis, logistik, dan kondisi kesehatan petugas KPPS.

Informasi palsu tentang penyebab kematian petugas KPPS yang disebarkan oleh Rahmat Baequni melalui ceramahnya, yang kemudian viral di media sosial, telah ditepis oleh hasil penelitian ini. Rahmat Baequni ditangkap oleh polisi karena menyebarkan informasi hoax tersebut.

"Bapak ibu, boleh saya cerita bapak ibu? Seumur-umur Pemilu dilaksanakan, jujur, boleh saya jujur? Nggak apa-apa ya?"

"Bapak-bapak ada yang sudah senior, nggak sebut sepuh karena berjiwa muda. Seumur-umur kita melaksanakan Pemilu, pesta demokrasi, ada tidak petugas KPPS yang meninggal?

Baca juga: Loker di PT Gimaxo Karya Manggala Bulan Maret 2024, yang Baru Lulus Boleh Langsung Lamar Disini!

Baca juga: Jadwal ABM 2024 Asesmen Bakat Minat Kembali Dibuka Segera Daftarkan Diri Untuk Kenali Potensimu

"Tidak ada ya? Tidak ada. Tapi kemarin, ada berapa petugas KPPS yang meninggal? 229 orang? Itu dari kalangan sipil, dari kepolisian berapa yang meninggal? Jadi total berapa? 390 orang meninggal."

"Sesuatu yang belum pernah terjadi dan ini tidak masuk di akal. Bapak ibu sekalian, ada yang sudah mendapat informasi mengenai ini? Tapi ini nanti di-skip ya. Bapak ibu sekalian yang dirahmati Allah, ketika semua yang meninggal ini dites di lab, bukan diautopsi, dicek di lab forensiknya, ternyata apa yang terjadi?"

"Semua yang meninggal ini, mengandung dalam cairan tubuhnya, mengandung zat yang sama, zat racun yang sama. Yang disebar dalam setiap rokok, disebar ke TPS."

Sumber:

UPDATE TERBARU