Wednesday 3rd of July 2024
×

Kapan Pupuk Subsidi Keluar Tahun 2023? Cek Disini Sekarang Juga Siapa Tahu Butuh!

Kapan Pupuk Subsidi Keluar Tahun 2023? Cek Disini Sekarang Juga Siapa Tahu Butuh!

--

BISNIS - Pupuk bersubsidi adalah pupuk yang pengadaan dan penyalurannya mendapat subsidi dari Pemerintah untuk kebutuhan petani yang dilaksanakan atas dasar program Pemerintah. Tak jarang para petani memanfaatkan pupuk subsidi sebagai ladang mencari nafkah.

Kini akan kami sampaikan mengenai Kapan Pupuk Subsidi Keluar Tahun 2023? yang akan kami sampaikan di bawah ini secara lengkap. Silahkan kamu baca disini.


Baca juga: Syarat & Cara Daftar BLT Guru Honorer dan PTT Non PNS Terbaru 2023, Dapatkan Nominal Hingga Rp1,8 Juta Per Orang

Baca juga: Duit Cair Cepat! Ini Dia Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Undang Teman, Sat Set Sat Set Masuk Rekening DANA

Baca juga: Daftar Aplikasi Penghasil Uang Rp100 Ribu Per Hari Tanpa Undang Teman Terbaik 2023, Halal dan 100% Terbukti Cair

Subsidi pupuk diperuntukan bagi petani yang memenuhi persyaratan, seperti petani yang tergabung dalam kelompok tani, terdaftar dalam Simluhtan (Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian), menggarap lahan maksimal dua hektare, dan menggunakan kartu tani (untuk wilayah tertentu).

Dengan adanya keterbatasan Pemerintah dalam penyediaan subsidi pupuk dalam rangka program pemerintah, maka pupuk bersubsidi hanya diperuntukan bagi usaha pertanian yang meliputi Petani Tanaman Pangan, Peternakan dan Perkebunan Rakyat.

++++

Dan untuk menjamin pengadaan dan mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi, ditetapkan Keputusan Menteri, yaitu melalui Surat Keputusan Menperindag No. 70/MPP/Kep/2/2003 tanggal 11 Pebruari 2003, tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian.

Pupuk bersubsidi memiliki manfaat yang besar bagi petani. Pupuk bersubsidi dapat meningkatkan produktivitas tanaman dan kualitas hasil panen. Selain itu, pupuk bersubsidi juga dapat mengurangi biaya produksi petani. Dengan harga yang lebih murah, petani dapat menghemat biaya produksi dan meningkatkan keuntungan mereka.

Baca juga: Gratis Biaya Pedaftaran! Berikut Syarat Mudah Buka Rekening Bank Muamalat Beserta Keuntungannya

Baca juga: Cara Cek Penerima BLT Guru Honorer dan PTT Non PNS Terbaru 2023 di info.gtk.kemdikbud.go.id

Baca juga: Hasil Resmi Sudah Keluar, Begini Cara Cek Penerima Beasiswa Kaltim Tuntas 2023, Bisa Langsung Ikuti Langkah Berikut!

Kapan Pupuk Subsidi Keluar Tahun 2023?

Berdasarkan Kepmentan itu total alokasi pupuk subsidi 2023 sebanyak 9.013.706 ton yang terdiri dari 5.570.330 ton urea , 3.232.373 ton NPK, serta 211.003 ton NPK formula khusus, dengan harga masing-masing Rp2.250/kg, Rp2.300/kg, dan Rp3.300/kg. Namun untuk tahun ini belum ada informasi kapan pupuk subsidi akan di keluarkan oleh pemerintah.

Usai sudah bahasan kami mengenai Kapan Pupuk Subsidi Keluar Tahun 2023? yang sudah kami sampaikan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU