Friday 5th of July 2024
×

Cara Mendapatkan Pupuk Subsidi Pemerintah Terbaru 2023, Bantuan Untuk Permudah Petani Indonesia

Cara Mendapatkan Pupuk Subsidi Pemerintah Terbaru 2023, Bantuan Untuk Permudah Petani Indonesia

--

BISNIS – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara mendapatkan pupuk subsidi pemerintah tahun 2023 yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Pupuk bersubsidi adalah pupuk yang pengadaan dan penyalurannya mendapat subsidi dari Pemerintah untuk kebutuhan petani yang dilaksanakan atas dasar program Pemerintah. Tak jarang para petani memanfaatkan pupuk subsidi sebagai ladang mencari nafkah.


Baca juga: Daftar Lowongan Kerja Jawa Timur Terdekat Desember 2023 Untuk Semua Lulusan, Minat Untuk Daftar?

Baca juga: Event Gratisan Mobile Legend Terbaru 2024, Ada KOF Hingga Dawning Star, Manakah yang Kamu Nantikan?

Baca juga: Daftar Event Gratisan Mobile Legend Desember 2023, Dapatkan Skin Hero Free Spesial Natal dan Tahun Baru

Subsidi pupuk diperuntukan bagi petani yang memenuhi persyaratan, seperti petani yang tergabung dalam kelompok tani, terdaftar dalam Simluhtan (Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian), menggarap lahan maksimal dua hektare, dan menggunakan kartu tani (untuk wilayah tertentu).

Dengan adanya keterbatasan Pemerintah dalam penyediaan subsidi pupuk dalam rangka program pemerintah, maka pupuk bersubsidi hanya diperuntukan bagi usaha pertanian yang meliputi Petani Tanaman Pangan, Peternakan dan Perkebunan Rakyat.

Dan untuk menjamin pengadaan dan mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi, ditetapkan Keputusan Menteri, yaitu melalui Surat Keputusan Menperindag No. 70/MPP/Kep/2/2003 tanggal 11 Pebruari 2003, tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian.

++++

Cara Mendapatkan Pupuk Subsidi Pemerintah 2023

Melansir dari berbagai sumber, untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, petani harus tergabung dalam kelompok tani dan menyusun Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Elektronik (e-RDKK). RDKK adalah rencana kebutuhan sarana produksi pertanian dan alat mesin pertanian untuk satu musim/siklus usaha yang disusun berdasarkan musyawarah anggota kelompok tani. Perencanaan itu mencakup rencana kebutuhan pupuk bersubsidi. 

Baca juga: Daftar Event Gratisan Mobile Legend Desember 2023, Dapatkan Skin Hero Free Spesial Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Off 90%! Event FF Free Fire Gratis Spesial Natal Tahun 2023, Banyak Bundle Skin yang Bisa Kamu Dapatkan!

Baca juga: Alhamdulillah! Kemensos Konfirmasi BLT El Nino Cair Rp400 Ribu Disalurkan Hingga Akhir Desember 2023

RDKK pupuk bersubsidi kemudian dihimpun secara elektronik untuk diverifikasi. Petugas akan melakukan validasi secara berjenjang sesuai dengan ketentuan dalam Permentan Nomor 67 Tahun 2016. Pengecekan RDKK online bisa dilakukan melalui www.erdkk.pertanian.go.id.

Di sisi lain, petani bisa mendapatkan subsidi pupuk melalui aplikasi i-Pubers atau Integrasi Pupuk Bersubsidi. Aplikasi i-Pubers merupakan aplikasi kerja sama antara Tebus Pupuk Bersubsidi (T-Pubers) milik Kementerian Pertanian dan aplikasi REKAN milik PT Pupuk Indonesia (Persero). 

Penggunaan aplikasi i-Pubers diharapkan dapat membuat proses penebusan dan pemenuhan dokumen administrasi untuk menebus pupuk bersubsidi lebih teratur. Berikut ini cara mendapatkan pupuk bersubsidi melalui aplikasi i-Pubers:

  1. Petani datang membawa KTP ke kios untuk menebus pupuk bersubsidi.
  2. Kios akan menginput jumlah transaksi penebusan.
  3. Petani menandatangani bukti transaksi pada aplikasi i-Pubers.
  4. Saat petani bertransaksi, KTP milik petani dan pupuk yang ditebus akan difoto oleh kios melalui aplikasi i-Pubers yang dilengkapi dengan teknologi geotagging.

++++

Baca juga: UPDATE! Info Loker Pabrik Kertas Malang Terbaru Tahun 2023/2024 Untuk SMA SMK hingga Sarjana, Tanpa Pengalaman Dipersilahkan!

Baca juga: Kabar Gembira! PIP Desember 2023 Cair hingga 1 Juta Rupiah, Buruan Cek Nama Penerima Melalui Link Berikut Ini

Baca juga: Download Config Anti Lag MLBB Desember 2023, Main Jadi Makin Smooth Hingga 90fps!

Untuk sekarang, aplikasi i-Pubers baru digunakan di enam provinsi, yaitu Bangka Belitung, Riau, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.Adanya i-Pubers diklaim makin mempermudah proses penebusan pupuk bersubsidi di kios. Tak hanya itu, petani bisa menebus pupuk bersubsidi secara online ataupun offline

Nah, demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat!

Sumber:

UPDATE TERBARU