Saturday 6th of July 2024
×

Gratis Biaya Pedaftaran! Berikut Syarat Mudah Buka Rekening Bank Muamalat Beserta Keuntungannya

Gratis Biaya Pedaftaran! Berikut Syarat Mudah Buka Rekening Bank Muamalat Beserta Keuntungannya

--

BISNIS - Saat ini bank menjadi banyak pilihan masyarakat untuk melakukan simpan pinjam atau untuk melakukan transaksi secara online. Nah, salah satu bank syariah unggulan adalah bank muamalat. Berikut ini syarat mudah buka rekening di bank Muamalat beserta dengan keuntungannya.

Bank adalah lembaga keuangan yang memiliki peran penting dalam sistem ekonomi sebuah negara. Bank bertindak sebagai perantara antara para penyimpan dana dan peminjam dana. Salah satu layanan yang juga banyak digunakan adalah untuk menabung dengan jangka lama.


Bank Muamalat didirikan sebagai hasil dari inisiatif sekelompok pekerja yang berdiskusi tentang pentingnya mendirikan bank yang sesuai dengan prinsip syariah dalam pengaturan keuangan. Bank ini menjadi pelopor dalam penerapan prinsip syariah dalam regulasi finansial.

Baca juga: Dapat Uang Edisi Terbaru, Intip Cara Tukar Uang di Bank BCA Tak Perlu Repot-Repot Bayar Jasa

Baca juga: Top Tier Nasabah Bank Terbanyak di Indonesia 2023, Pulau Jawa Urutan Berapa ya?

Baca juga: Besaran Gaji Karyawan Program Magang Bina BNI Terbaru 2023, Miliki Tunjangan yang Menjanjikan

Salah satu prinsip yang diterapkan oleh Bank Muamalat adalah Wadi’ah Yad Dhamanah, di mana bank sebagai penerima titipan (mudharib) memiliki izin dari nasabah (shahibul maal) untuk memanfaatkan dana yang dititipkan dan menjamin pengembalian dana secara penuh kapan pun pemiliknya menginginkannya.

Bank syariah menjadi lembaga keuangan yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam Islam. Prinsip utama bank syariah adalah larangan riba (bunga) dan praktik-praktik bisnis yang dianggap tidak etis dalam Islam.

Syarat Buka Rekening Bank Muamalat

Persyaratan untuk membuka rekening Tabungan iB Hijrah adalah sebagai berikut:

1. Bagi Warga Negara Indonesia (WNI), diperlukan dokumen identitas berlaku seperti KTP/SIM/Paspor, serta NPWP atau surat pernyataan.

2. Bagi Warga Negara Asing (WNA), perlu menyertakan dokumen seperti KITAS/KIMS/Paspor/Surat Referensi.

3. Selain itu, semua calon nasabah, termasuk WNA, diharuskan mengisi formulir pembukaan rekening dan melakukan pendaftaran pajak (tax registration).

Keuntungan Menggunakan Bank Muamalat

Bank Muamalat memiliki sejumlah kelebihan yang menarik bagi nasabah yang mencari perbankan berbasis syariah. Beberapa kelebihan tersebut adalah:

1. Terjamin Halal

Segala transaksi, baik kredit maupun debit, dijalankan dengan sistem syariah, sehingga nasabah dapat yakin bahwa seluruh layanan bank ini halal dan sesuai dengan ajaran Islam.

Sumber:

UPDATE TERBARU