Monday 8th of July 2024
×

Hindari Riba! 10+ Keunggulan dan Kekurangan Bank Muamalat Bisa Jadi Pilihan Pembukaan Tabungan

Hindari Riba! 10+ Keunggulan dan Kekurangan Bank Muamalat Bisa Jadi Pilihan Pembukaan Tabungan

--

5. Nisbah Berdasarkan Keuangan Perusahaan

Bank Muamalat memberikan nisbah (bagi hasil) kepada nasabah berdasarkan kondisi keuangan perusahaan, yang memberikan potensi keuntungan yang sesuai dengan kinerja perusahaan.


6. Zakat, Tabungan, dan Transaksi Perbankan

Nasabah dapat berzakat, menabung, dan melakukan transaksi perbankan dengan mudah di Bank Muamalat.

7. Penyebaran ATM yang Lua

Bank Muamalat telah menyediakan jaringan ATM yang tersebar di berbagai kota, bahkan di daerah terpencil, memudahkan nasabah dalam bertransaksi.

8. Gratis Biaya Registrasi

Saat membuka rekening tabungan di Bank Muamalat, nasabah tidak dikenakan biaya registrasi, memberikan keuntungan tambahan bagi mereka.

Baca juga: Berapa Nominal Minimal Tukar Uang di Bank BCA Ternyata Begini Ketentuannya, Catat Biar Tidak Bingung

Baca juga: Cara Mengatasi SMS Banking BRI Tidak Masuk ke Hp Kamu, Cuma 3 Step Doang Langsung Berhasil!

Baca juga: Syarat Pendaftaran Bina BNI Terbaru 2023, Program Magang dengan Segudang Benefit Untuk Karyawan

- Kekurangan 

Seperti bank lainnya, Bank Muamalat juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh nasabah yang berminat menggunakan perbankan berbasis syariah. Berikut adalah beberapa kekurangan Bank Muamalat:

1. Rentan Terhadap Penyalahgunaan

Sebagai bank berbasis syariah, Bank Muamalat dapat lebih rentan terhadap orang yang memiliki niat tidak baik untuk memanfaatkan celah dalam sistem.

2. Kompleksitas Sistem Bagi Hasil

Sistem bagi hasil dalam bank syariah bisa rumit dan sulit dihitung oleh nasabah, yang bisa menyulitkan mereka dalam memahami berbagai aspek keuangan.

3. Ketergantungan pada Tenaga Profesional

Karena perhitungan bagi hasil yang rumit, Bank Muamalat harus selalu mengandalkan tenaga profesional untuk mengelola dan menghitung seluruh jenis bagi hasil.

4. Risiko Bagi Hasil yang Besar

Sistem bagi hasil membawa risiko bagi nasabah, karena hasil yang diperoleh bisa berfluktuasi dan tidak selalu sesuai dengan harapan.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Bank Muamalat tetap menjadi pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan layanan perbankan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam Islam.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait keunggulan dan kekurangan Bank Muamalat yang berbasis syariah dan bisa jadi pilihan kalian. Semoga informasi yang kami sampaikan diatas bisa bermanfaat. 

Sumber:

UPDATE TERBARU