Friday 5th of July 2024
×

Hindari Riba! 10+ Keunggulan dan Kekurangan Bank Muamalat Bisa Jadi Pilihan Pembukaan Tabungan

Hindari Riba! 10+ Keunggulan dan Kekurangan Bank Muamalat Bisa Jadi Pilihan Pembukaan Tabungan

--

BISNIS - Bank Muamalat memberikan banyak sekali pelayanan yang berbasis syariah sehingga terhindar dari riba dan sesuai dengan syariat Islam. Bank ini sendiri juga menawarkan tabungan dengan banyak keuntungan. Berikut ini keunggulan dan kekurangan dari Bank Muamalat.

Bank syariah menjadi lembaga keuangan yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam Islam. Prinsip utama bank syariah adalah larangan riba (bunga) dan praktik-praktik bisnis yang dianggap tidak etis dalam Islam.


Di bank syariah, nasabah dapat membuka rekening tabungan, giro, atau deposito syariah, yang menawarkan tingkat pengembalian berdasarkan bagi hasil dari investasi yang dilakukan oleh bank. Salah satu bank syariah populer di tanah air ada Bank Muamalat.

Bank Muamalat didirikan sebagai hasil dari inisiatif sekelompok pekerja yang berdiskusi tentang pentingnya mendirikan bank yang sesuai dengan prinsip syariah dalam pengaturan keuangan. Bank ini menjadi pelopor dalam penerapan prinsip syariah dalam regulasi finansial.

Baca juga: Berapa Nominal Minimal Tukar Uang di Bank BCA Ternyata Begini Ketentuannya, Catat Biar Tidak Bingung

Baca juga: Besaran Gaji Karyawan Program Magang Bina BNI Terbaru 2023, Miliki Tunjangan yang Menjanjikan

Baca juga: Kapan Program Bina BNI Tahun 2023 Dibuka? Ini Dia Jadwal Terbarunya Untuk Para Fresh Graduate

Salah satu prinsip yang diterapkan oleh Bank Muamalat adalah Wadi’ah Yad Dhamanah, di mana bank sebagai penerima titipan (mudharib) memiliki izin dari nasabah (shahibul maal) untuk memanfaatkan dana yang dititipkan dan menjamin pengembalian dana secara penuh kapan pun pemiliknya menginginkannya.

Keunggulan dan Kekurangan Bank Muamalat

- Keunggulan

Bank Muamalat memiliki sejumlah kelebihan yang menarik bagi nasabah yang mencari perbankan berbasis syariah. Beberapa kelebihan tersebut adalah:

1. Terjamin Halal

Segala transaksi, baik kredit maupun debit, dijalankan dengan sistem syariah, sehingga nasabah dapat yakin bahwa seluruh layanan bank ini halal dan sesuai dengan ajaran Islam.

2. Fasilitas Modern

Meskipun berbasis syariah, Bank Muamalat menyediakan fasilitas modern yang setara dengan bank konvensional, sehingga memudahkan nasabah dalam bertransaksi dan berinteraksi dengan bank.

3. Digitalisasi dan Perkembangan Zaman

Bank Muamalat telah mengikuti perkembangan zaman dan mengadopsi teknologi digital, menjadikannya bank yang modern dan terjangkau bagi nasabah.

4. Keamanan Ekonomi

Bank Muamalat dianggap lebih aman selama krisis ekonomi karena operasionalnya didasarkan pada prinsip syariah yang menghindari risiko riba dan praktik-praktik usaha yang meragukan.

Sumber:

UPDATE TERBARU