Sunday 7th of July 2024
×

Waspada! Modus Penipuan Barang Lelang Bertebaran, Pelaku Aktif Jaring Korban di Sosial Media

Waspada! Modus Penipuan Barang Lelang Bertebaran, Pelaku Aktif Jaring Korban di Sosial Media

--

BISNIS - Barang lelang memiliki daya tarik tersendiri, hal ini karena harga yang ditawarkan terkadang begitu lebih murah dibanding dengan harga aslinya. Bahkan bisa sampai 50 persen. Namun perlu diwaspadai saat ini banyak sekali modus penipuan mengenai barang lelang yang ditawarkan.

Barang lelang adalah barang atau properti yang dilelang atau dijual melalui proses lelang. Lelang adalah metode penjualan di mana barang atau properti tersebut ditawarkan kepada penawar terbaik yang mengajukan harga tertinggi.


Barang lelang sering kali menjadi sumber daya yang menarik bagi pembeli yang mencari kesepakatan atau barang langka. Namun, penting untuk melakukan riset dan memahami kondisi dan nilai pasar barang yang akan dilelang sebelum berpartisipasi dalam proses lelang.

Baca juga: Cara Hacker Sedot Uang ATM Kamu Pake Mode E-Skimming, No 1 Bikin Resah!

Baca juga: Jangan Asal Download, Waspadai Aplikasi Ini yang Ternyata Suka Curi-Curi Saldo Bank Pakai Malware

Baca juga: Marak Penipuan Lewat DM Instagram, Ketahui Cara Mencegah Pishing Agar Tidak Tergiur Rayuan Pelaku!

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap penipuan lelang yang semakin sering terjadi melalui media sosial, seperti kasus lelang mobil dengan harga yang tidak masuk akal atau sangat murah.

Joko Prihanto, Direktur Lelang DJKN, menjelaskan bahwa masyarakat harus berhati-hati karena pelaku penipuan menggunakan berbagai macam metode. Ia memberikan beberapa tanda yang mengindikasikan adanya penipuan.

Sumber:

UPDATE TERBARU