Monday 8th of July 2024
×

Cara Membedakan Hasil Integrasi Sosial Beserta Contoh Lengkapnya yang Mudah Dipahami!

Cara Membedakan Hasil Integrasi Sosial Beserta Contoh Lengkapnya yang Mudah Dipahami!

--

Baca juga: Safe Exam Browser Tidak Bisa Diinstal? Tak Perlu Panik! Begini Cara Mengatasinya Untuk Windows dan MacOS

Sebagai contoh, Pancasila ini merupakan contoh integrasi sosial yang kuat di Indonesia karena mengakomodasi keberagaman dan menyatukan masyarakat Indonesia.


2. Integrasi Koersif

Integrasi koersif ini akibat adanya dominasi kekuasaan oleh penguasa. Kesatuan ini didasarkan pada penggunaan kekuasaan yang secara paksa untuk bisa mengintegrasikan masyarakat.

Contoh integrasi sosial ini menjadi penerapan Undang-undang yang menetapkan aturan yang harus dipatuhi oleh semua warga masyarakat.

3. Integrasi Fungsional

Integrasi fungsional merupakan bentuk kesatuan yang didasarkan pada adanya fungsi-fungsi khusus pada suatu masyarakat. Sebagai contoh, daerah Wonosobo yang terkenal dengan produksi sayurannya, sementara daerah Solo yang terkenal dengan batiknya.

Kedua daerah ini namun saling membutuhkan pada produk masing-masing sehingga terjadi integrasi berdasarkan fungsi dari wilayah tersebut.

Baca juga: PT Solid Gold Jakarta Penipuan? Para Job Seeker Harus Lebih Teliti Lagi dan Tidak Gampang Silau

Baca juga: Pengiriman Barang Dari Indonesia Ke Taiwan, Biaya Hingga Waktu yang Dibutuhkan Untuk Sampai

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai 'Cara Membedakan Hasil Integrasi Sosial' yang bisa kalian pahami sesuai dengan jenis-jenisnya. Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat dan selamat belajar!

Sumber:

UPDATE TERBARU