Friday 5th of July 2024
×

Cara Membedakan Hasil Integrasi Sosial Beserta Contoh Lengkapnya yang Mudah Dipahami!

Cara Membedakan Hasil Integrasi Sosial Beserta Contoh Lengkapnya yang Mudah Dipahami!

--

BISNIS - Melalui rangkuman pembahasan dibawah ini kami akan membagikan informasi terkait dengan cara untuk membedakan integrasi sosial beserta dengan contohnya yang bisa kalian simak dibawah ini. Langsung saja, simak selengkapnya hingga selesai. 

Masyarakat merupaakan salah satu struktur sosial yang saling terkait dan berlapis-lapis. Struktur ini dapat memiliki bermacam-macam bentuk, dari semua hasil dari kesepakatan atau konsensus antara anggota masyarakat.


Ketersambungan diantara bagian-bagian tersebut membuat sistem masyarakat berjalan lancar jika ada integrasi sosial yang kuat di dalamnya. Integrasi sosial sendiri adalah sebuah konsep kunci dalam studi sosiologi dan ilmu sosial secara keseluruhan.

Baca juga: New Skin Bubbly Waves FF Terbaru Tahun 2024 dan Cara Mendapatkannya, Riak Ombak Gaya di Arena Free Fire!

Baca juga: [Free] Download Spaceman Predictor APK 2024 Unlocked Premium, Prediksi Kemenangan Slot Pragmatic Play Paling Gacor 100%

Ini merujuk pada proses di mana seseorang ataupun kelompok yang berbeda dalam masyarakat bersatu dan juga berinteraksi secara harmonis, membentuk kesatuan sosial yang kuat dan juga memiliki fungsi dengan baik.

Pengertian Integrasi Sosial

Integrasi sosial sendiri merupakan sebuah proses menyatukan unsur-unsur yang beragam dalam masyarakat sehingga bisa membentuk keseluruhan yang harmonis dalam kehidupan bersama.

Secara umum, terdapat tiga jenis integrasi sosial: normatif, fungsional, dan koersif, yang memiliki pengertian beerbeda serta mencolok di antara mereka. Pembentukan integrasi sosial ini sesuai pada toleransi, empati, dan penghargaan dalam masyarakat atau tingkat nasional.

Namun, terdapat juga faktor yang menghambat tercapainya integrasi sosial, termasuk kurangnya rasa hormat antarindividu, kurangnya kesadaran akan pentingnya persatuan, rendahnya tingkat toleransi, ketimpangan sosial dan ekonomi, serta kurangnya komunikasi yang terbuka di antara anggota masyarakat.

Cara Membedakan Hasil Integrasi Sosial

1. Integrasi Normatif

Integrasi normatif kini menjadi kesatuan yang timbul karena adanya norma-norma yang berlaku dalam suatu masyarakat. Kesatuan ini juga muncul karena adanya peraturan yang telah diterima secara luas pada masyarakat.

Baca juga: Download Game Taffy Tales Mod Apk Latest Version: Ikuti Panduan Lengkap Untuk Akses Gratis!

Sumber:

UPDATE TERBARU