Monday 8th of July 2024
×

Kartu ATM Tertelan, Inilah Langkah yang Harus Segera Dilakukan!

Kartu ATM Tertelan, Inilah Langkah yang Harus Segera Dilakukan!

--

2. Melaporkan Melalui Telepon

Hubungi nomor call center yang disediakan oleh bank kalian. Biasanya, nomor telepon ini tertera di mesin ATM atau di ruang ATM itu sendiri. Bank-bank umumnya memiliki nomor telepon yang mudah diingat.


Misalnya, Bank Mega 1500010, Bank BRI 14017, Bank BCA 1500888, Bank Mandiri 14000, Bank BNI 1500046, Bank BTN 1500286. Beri tahu petugas layanan pelanggan bahwa kartu ATM kalian tertelan, dan mereka akan meminta verifikasi data pribadi sebelum memblokir kartu Anda.

Baca juga: Cara Hacker Sedot Uang ATM Kamu Pake Mode E-Skimming, No 1 Bikin Resah!

Baca juga: Mengenal E-skimming, Modus Penipuan Baru yang Bikin ATM Kamu Terkuras Habis! Kenali Indikasinya Berikut Ini

Baca juga: Cara Hacker Sedot Uang ATM Kamu Pake Mode E-Skimming, No 1 Bikin Resah!

3. Mengunjungi Kantor Bank

Kalian dapat mengunjungi kantor bank terdekat untuk melakukan pemblokiran. Pastikan untuk membawa buku tabungan dan kartu identitas (KTP).

Sampaikan kepada petugas layanan pelanggan bahwa kartu kalian tertelan oleh mesin ATM. Data kalian akan diverifikasi terlebih dahulu, dan kartu akan diblokir sementara. Anda juga dapat mengurus untuk mendapatkan kartu ATM baru saat itu.

4. Melalui Aplikasi

Beberapa bank sudah menyediakan fitur pemblokiran kartu ATM melalui aplikasi mobile. Namun, Anda tetap harus mengunjungi kantor bank untuk mendapatkan kartu ATM baru.

5. Mengurus Kartu Baru

Setelah melakukan pemblokiran kartu, pergilah ke kantor bank terdekat untuk menanyakan langkah-langkah yang perlu dilakukan agar bisa menggunakan kartu ATM kembali. Bawalah buku tabungan, KTP, dan surat kehilangan dari kepolisian, yang biasanya diminta oleh bank.

Bank akan melakukan verifikasi identitas Anda, termasuk transaksi terakhir dan kapan transaksi itu dilakukan. Anda juga dapat mencetak buku tabungan untuk memastikan tidak ada dana yang hilang.

Jika kartu ATM sudah diambil oleh petugas dan diserahkan ke kantor bank, kemungkinan petugas layanan pelanggan akan mengembalikannya kepada Anda. Namun jika tidak, bank akan mengganti kartu ATM Anda dengan yang baru.

Biaya Penggantian Kartu Biaya penggantian kartu ATM biasanya berbeda-beda tergantung pada kebijakan masing-masing bank. Meskipun demikian, ada juga bank yang tidak mengenakan biaya penggantian kartu ATM.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan cara mengatasi kartu ATM yang tertelah dan tidak perlu panik karena kartu tersebut masih bisa untuk diperbaiki. Semoga informasi yang kami sampaikan diatas, bisa beramfaat. 

Sumber:

UPDATE TERBARU