Monday 8th of July 2024
×

Tahun 2023 Masih Ada yang Terlilit Hutang Pinjol Sampai Jutaan? Sini Masuk!

Tahun 2023 Masih Ada yang Terlilit Hutang Pinjol Sampai Jutaan? Sini Masuk!

--

Pinjol Ilegal

• Tidak terdaftar di OJK (tapi sering mengaku terdaftar).
• Aplikasi terkesan abal-abal. Bahkan dalam 1 aplikasi tersedia banyak penyedia pinjaman.
• Tidak ada perjanjian yang jelas.
• Tidak ada contact center dan alamat kantor yang jelas.
• Tidak memiliki website resmi.
• Limit pinjaman awal biasanya Rp. 1.800.000
• Tenor sangat singkat, biaya admin sangat besar, dan bunga sangat mencekik.
• Meminta akses ke telepon yang berlebihan. Biasanya mereka gukanan untuk menyadap HP korban.

Yang Harus Dilakukan Agar Tidak Terjebak Pinjol


1. Jauhi Pinjol

Seperti yang disebutkan di atas tadi pinjol ilegal atau legal sama busuknya. Keduanya sama-sama menjerat korban untuk masuk ke lembah hutang yang sangat kelam. Apalagi jika sampai terjebak di beberapa aplikasi pinjol sekaligus.

2. Perkaya Literasi Keuangan

Sosial media yang sifatnya sangat addictive bisa dengan cepat mengelabui seseorang dengan produk-produk pinjaman yang menggiurkan. Sehingga biar tidak mudah terjerumus, kita harus memperkuat ilmu keuangan terlebih dahulu. Mulai dari produk keuangan sampai ke cara manajemen keuangan.

Saat ini banyak aplikasi sosial media yang isinya pamer harta, menawarkan produk yang sebenarnya tidak benar-benar dibutuhkan. Sehingga dapat memicu keinginan untuk berbelanja.

Baca juga: 5 Tips Bobol Pinjol dengan Data Busuk Langsung Cair Limit 10 Juta, Pasukan Gagal Bayar Merapat!

Baca juga: Hati-Hati Jangan Sampai Galbay di 15 Aplikasi Pinjol ini! DC Lapangan Banyak Berkeliaran, Mental Lemah Minggir Dulu

3. Tahan Diri dari Sifat Konsumtif

Gaya hidup mewah dan estetik yang tersebar di media bisa menghipnotis kita untuk melakukan hal yang sama. Apalagi dengan maraknya tren belanja online yang penuh diskon. Akibatnya, seseorang menghalalkan segala cara untuk memenuhi gaya hidupnya, salah satunya tentu melakukan pinjaman online dan ada lagi sistem paylater.

Kita tidak bisa mengendalikan tren. Namun kita bisa mengatur diri sendiri agar tidak terjebak pada trend yang pada akhirnya merepotkan diri kita sendiri. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi durasi pemutaran media sosial, apalagi jika konten yang dilihat adalah konten hedonis.

4. Gunakan Sesuai Kebutuhan

Kadang-kadang dalam situasi yang sangat mendesak pinjaman hukum sangat berguna. Oleh karena itu sesuaikan pinjaman dengan penghasilan agar kita tidak terbebani nantinya. Jika gaji bulanan misalnya 3 juta, ambil saja pinjaman di bawah 1,5 juta agar tidak sulit saat melunasinya nanti.

Nah itulah tadi beberapa tips untuk menghindar dari pinjaman online yang sering menjebak para calon nasabanya dengan berbagai macam cara. Lalu bagaimana apabila sudah terlanjur terjebak pinjol? Akan dibahas pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat!

Sumber:

UPDATE TERBARU