Saturday 29th of June 2024
×

Pengertian Skala Likerts Secara Lengkap, Beserta Contoh dan Cara Penggunaannya!

Pengertian Skala Likerts Secara Lengkap, Beserta Contoh dan Cara Penggunaannya!

--

BISNIS - Melalui rangkuman pembahasan dibawah ini kami akan membagikan informasi terkait dengan Skala Likerts yang akan kami jelaskan dibawah ini beserta dengan contoh dan rumusnya. Simakselengkapnya dibawah ini. 

Skala Likert adalah skala penelitian yang digunakan untuk mengukur sikap dan pendapat. Skala ini digunakan untuk melengkapi kuesioner yang meminta responden untuk menunjukkan tingkat persetujuan mereka terhadap serangkaian pertanyaan.


Pada umumnya, pertanyaan yang digunakan untuk penelitian disebut variabel penelitian dan didefinisikan secara spesifik.

Baca juga: Jawaban Makanan yang Sering Lupa TTS (Teka Teki Silang) Adalah? Tebakan Lucu dan Seru

Baca juga: Xitadas Trucos FF APK MOD Cheat Auto Headshot, Settingan Gampang Dilengkapi Bahasa Indonesia!

Skala Likert dinamakan sesuai dengan nama penciptanya, Rensis Likert, seorang psikolog sosial asal Amerika. Tingkat persetujuan yang dimaksud adalah skala Likert 1 sampai 5 pilihan, dengan gradasi mulai dari "Sangat setuju" (SS) sampai "Sangat tidak setuju" (STS).

- Sangat setuju (SS).
- Setuju (S).
- Ragu-ragu (RG).
- Tidak setuju (TS).
- Sangat tidak setuju (STS).

Definisi lain menunjukkan bahwa skala ini merupakan salah satu skala yang digunakan untuk mengumpulkan data guna menemukan atau mengukur data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data-data tersebut diperoleh untuk mengetahui pendapat atau persepsi seseorang terhadap suatu fenomena yang sedang terjadi atau diteliti.

Rumus skala Likert

Setelah responden menjawab pertanyaan atau pernyataan yang dibuat oleh peneliti, hasil dari jawaban tersebut dianalisis dengan melihat skor untuk setiap kategori.

Baca juga: Build Hero Kaizer di Honor of Kings (HoK), Inilah Skill & Build Itemnya yang Pasti OP Parah Untuk Posisi Clash Lane

Untuk pernyataan positif, skornya adalah 5, 4, 3, 2, dan 1. Untuk pernyataan negatif, skornya adalah 1, 2, 3, 4, dan 5 atau -2, -1, 0, 1, dan 2. Hasil dari setiap skor kemudian akan dihitung untuk mendapatkan hasil pencarian. Rumus perhitungannya adalah sebagai berikut.

Rumus skala Likert: T x Pn

T adalah jumlah total responden yang memilih dan Pn adalah pilihan angka skor Likert. Hasil dari perhitungan tersebut kemudian akan dianalisa untuk menjadi variabel tambahan dalam sebuah penelitian.

Sumber:

UPDATE TERBARU