Monday 8th of July 2024
×

Memilukan! Tragedi Kemacetan Brexit 2016, Telan Banyak Korban Ternyata Ini Penyebabnya!

Memilukan! Tragedi Kemacetan Brexit 2016, Telan Banyak Korban Ternyata Ini Penyebabnya!

--

BISNIS - Istilah "Brexit" di Indonesia mungkin lebih dikenal sebagai peristiwa Britania Raya keluar dari Uni Eropa di tahun 2016. Namun, di sini, kita akan membahas "Tragedi Brexit" yang sebenarnya merujuk pada peristiwa kelam kemacetan parah di ruas Tol Brebes Exit (Brexit) pada arus mudik Lebaran 2016. Peristiwa ini menjadi " tragedi" karena mengakibatkan banyak orang terjebak macet selama berhari-hari, bahkan beberapa sumber menyebutkan adanya korban jiwa.

Lebaran 2016 jatuh pada 6 Juli. Beberapa hari sebelumnya, yakni pada 3-5 Juli, terjadi puncak arus mudik. Ribuan kendaraan, terutama pemudik yang menggunakan sepeda motor, membanjiri Tol Trans Jawa. Sayangnya, euforia kepulangan justru berujung pada malapetaka di pintu keluar Tol Brebes Timur.


Baca juga: Tragedi Lebaran: Kilas Balik Kemacetan Maut Brexit 2016 yang Tak Terlupakan, Banyak Menelan Korban Jiwa

Baca juga: Profil Guru Banjar Indah KH. Syaifuddin Zuhri, Ulama Kalimantan Meninggal Dunia di Usia 71 Tahun

Penyebab Utama Kemacetan

Laporan resmi menyebutkan 17 orang meninggal dunia akibat tragedi Brexit. Para korban kebanyakan mengalami dehidrasi, kelelahan akut, keracunan karbon dioksida, serangan jantung, bahkan kecelakaan di tengah kemacetan. Puluhan lainnya dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Tragedi Brexit meninggalkan luka mendalam. Tak hanya bagi keluarga korban, tapi juga bagi para pemudik yang turut merasakan kengerian terjebak kemacetan maut tersebut. Peristiwa ini menjadi catatan kelam sejarah mudik Lebaran di Indonesia.

Baca juga: Kabar Duka Guru Banjar Indah Meninggal KH. Syaifuddin Zuhri Sakit Apa? Dunia Dakwah Islam Sangat Kehilangan

Sumber:

UPDATE TERBARU