Friday 5th of July 2024
×

Kenapa HP Realme Mati Sendiri Tapi Baterai Masih Banyak? Ternyata Karena Hal Ini! Cek Cara Mengatasinya

Kenapa HP Realme Mati Sendiri Tapi Baterai Masih Banyak? Ternyata Karena Hal Ini! Cek Cara Mengatasinya

--

Baca juga: Cara Membuat Prank WA Disita Polisi Mudah Trend 2024, 'Nomor Ini untuk Sementara Dilarang dari WhatsApp'

2. Kendala Perangkat Lunak


Selain itu, permasalahan lain pada perangkat lunak juga dapat menjadi penyebab HP Realme mati secara tiba-tiba, meskipun baterainya masih cukup. Kondisi ini juga bisa dikarenakan oleh adanya bug atau kesalahan dalam software yang menyebabkan ketidakstabilan pada perangkat.

Bug atau kesalahan semacam ini bisa saja muncul karena berbagai faktor, seperti kesalahan dalam pengembangan, perubahan sistem operasi, atau bahkan infeksi virus. Ketidakstabilan perangkat akibat masalah perangkat lunak dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk mati tiba-tiba pada HP Realme .

3. Kendala Perangkat Keras

Selain itu, kerusakan pada perangkat keras ini juga bisa menjadi penyebab HP Realme mati secara tiba-tiba, meskipun baterai masih banyak. Kondisi ini disebabkan oleh komponen-komponen yang mengalami kerusakan, seperti IC charger atau IC power.

IC charger bertanggung jawab atas pengisian daya baterai HP, sementara IC power bertugas menyalurkan daya ke seluruh komponen HP. Jika salah satu dari komponen ini rusak, maka perangkat tidak akan mampu mengisi daya atau menyalurkan daya dengan baik, yang pada akhirnya dapat menyebabkan HP mati tiba-tiba.

Cara Mengatasi HP Realme Tiba-tiba Mati

1. Periksa Baterai

Pertama kalian bisa lakukan memeriksa kondisi baterai. Bila telah tua atau rusak, maka kalian bisa langsung menggantinya. Kondisi baterai juga bisa diketahui melalui indikator atau aplikasi khusus yang menilai kapasitas dan kesehatan baterai.

Baca juga: Jadwal Event Center Stadium FF (Free Fire) 2024, Berikut Detail Acaranya Langsung dari Garena!

Baca juga: Pandora's Box Ganti Nama Jadi Wishing Lantern, Begini Detail Cara Kerja dan Menggunakannya

2. Update Software

Nah, selanjutnya kemungkinan masalah timbul pasca-update software, coba kembalikan ke versi sebelumnya dengan instruksi dari situs Realme . Ini dapat mengatasi masalah yang dipicu oleh update terbaru.

3. Factory Reset

Jika tetap belum bisa, kalian bisa lakukan factory reset untuk mengembalikan HP ke setelan awal pabrik, ingat bahwa ini akan menghapus semua data di perangkat.

Namun, jika beberapa langkah-langkah diatas tidak membuahkan hasil, kunjungi service center Realme untuk pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut. Nah, sekian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bisa bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU