Wednesday 3rd of July 2024
×

Cara Hitung Harga Keseimbangan Setelah Pajak Lengkap dengan Rumusnya, Begini Tekniknya!

Cara Hitung Harga Keseimbangan Setelah Pajak Lengkap dengan Rumusnya, Begini Tekniknya!

--

BISNIS - Harga keseimbangan adalah harga dimana penawaran dan permintaan atas suatu produk berada di titik yang sama. Sehingga, tidak ada tekanan untuk  perubahan harga karena penawaran dan permintaan saling sejalan.

Umumnya, harga keseimbangan ditentukan oleh interaksi antara penawaran dan permintaan di pasar. Ketika permintaan lebih tinggi dari penawaran, maka harga cenderung naik untuk mencapai keseimbangan. Begitu pula sebaliknya.


Fungsi harga keseimbangan sendiri adalah sebagai titik di mana jumlah barang yang ingin dibeli oleh konsumen sama dengan jumlah yang ingin dijual oleh produsen. 

Baca juga: Pengertian Suku Bunga Nominal Adalah? Cek Juga Rumus dan Cara Hitungnya Disini!

Baca juga: Rumus dan Cara Menghitung Break Even Point (BEP) Rupiah 2024, Mudah Banget Kok Caranya!

Pada titik tersebut, pasar mencapai efisiensi ekonomi maksimum, di mana keuntungan dan surplus konsumen dan produsen juga maksimum.

Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan

Proses terbentuknya harga keseimbangan melibatkan interaksi antara penawaran dan permintaan di pasar. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Penawaran

Produsen atau penjual menentukan jumlah barang yang siap untuk dijual di pasar pada berbagai tingkat harga. Penawaran ini didasarkan pada faktor-faktor seperti biaya produksi, teknologi, dan keuntungan yang diinginkan.

Permintaan

Baca juga: Download Film di Idlix MOD APK Versi Terbaru 2024, Tawarkan Nonton Film Ratusan Genre dengan Gratis Mirip Netflix!

Sumber:

UPDATE TERBARU