Friday 5th of July 2024
×

Rumus dan Cara Menghitung Break Even Point (BEP) Rupiah 2024, Mudah Banget Kok Caranya!

Rumus dan Cara Menghitung Break Even Point (BEP) Rupiah 2024, Mudah Banget Kok Caranya!

--

BISNIS - Cara menghitung Break Even Point (BEP) unit dalam Rupiah merupakan metode yang digunakan untuk menentukan jumlah unit produk yang perlu dijual agar perusahaan mencapai titik impas atau break even.

Dalam perhitungan ini, total biaya tetap perusahaan dibagi dengan selisih antara harga jual per unit dan biaya variabel per unit.


Menghitung BEP unit kemudian dapat dikalikan dengan harga jual per unit untuk mendapatkan BEP dalam Rupiah. Informasi mengenai BEP unit dalam Rupiah membantu perusahaan dalam merencanakan strategi penjualan, menentukan harga jual yang optimal, dan mengoptimalkan laba perusahaan.

Baca juga: Cek Harga Spandek Pasir 6 Meter Terbaru 2024 Lihat Daftar Harga Pasarannya Di Sini

Baca juga: Tiket Kereta Api Tambahan Lebaran Hari Ini Minggu 17 Maret 2024, Sudah Bisa di Pesan Sekarang!

Sebelum menghitung BEP unit dalam Rupiah, penting untuk memahami konsep nilai jual produk. Perusahaan akan memperoleh laba bersih yang sebanding dengan biaya yang telah dikeluarkan untuk proses produksi. Dalam hal ini, BEP unit mencerminkan keseimbangan antara jumlah produk yang dijual dan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi produk tersebut.

Perhitungan BEP tergantung pada konsep yang digunakan. Menurut Susan Irawati dalam buku “Manajemen Keuangan”, terdapat beberapa asumsi dasar untuk menghitung BEP, diantaranya:

  1. Biaya yang terjadi dalam suatu perusahaan harus digolongkan ke dalam biaya biaya tetap dan biaya variabel.
  2. Biaya variabel yang secara total berubah sesuai dengan perubahan volume, sedangkan biaya tetap tidak mengalami perubahan secara total.
  3. Jumlah biaya tetap tidak berubah walaupun ada perubahan kegiatan, sedangkan biaya tetap per unit akan berubah – ubah.
  4. Harga jual per unit konstan selama periode di analisis.
  5. Jumlah produk yang diproduksi dianggap selalu habis terjual.
  6. Perusahaan menjual dan membuat satu jenis produk, bila perusahaan membuat atau menjual lebih dari satu jenis produk, maka “perimbangan hasil penjualan” setiap produk tetap.

Baca juga: Resep Crafting Citampi Stories Terbaru 2024 Lengkap Meja Produksi 1 dan 2, Catat Biar Nggak Kelupaan

Sumber:

UPDATE TERBARU