Wednesday 3rd of July 2024
×

Pengertian Suku Bunga Nominal Adalah? Cek Juga Rumus dan Cara Hitungnya Disini!

Pengertian Suku Bunga Nominal Adalah? Cek Juga Rumus dan Cara Hitungnya Disini!

--

BISNIS - Suku bunga nominal atau tingkat bunga nominal (nominal interest rate) mengacu pada suku bunga sebelum disesuaikan dengan inflasi.

Indikator ini memberitahu kita berapa banyak peminjam harus membayar di masa depan sebagai imbalan atas pinjaman rupiah hari ini. Istilah ini juga mengacu pada tingkat bunga surat utang, yang dihitung berdasarkan persentase dari nilai nominalnya daripada harga pasarnya.


Baca juga: Daftar Harga Triplek 1 Lembar Terbaru 2024 Berbagai Jenis Lengkap, Catat Dulu Kisarannya Sebelum Borong

Baca juga: Rumus dan Cara Menghitung Break Even Point (BEP) Rupiah 2024, Mudah Banget Kok Caranya!

Suku bunga nominal vs tingkat bunga riil

Suku bunga nominal sama dengan suku bunga riil ditambah ekspektasi tingkat inflasi. Kita dapat merumuskannya sebagai berikut:

Suku bunga nominal = Suku bunga riil + Tingkat inflasi

Karena terkikis oleh inflasi, pemberi pinjaman dan investor biasanya fokus pada suku bunga riil karena memberikan gambaran aktual tentang pengembalian riil yang mereka dapatkan.

Misalkan bank komersial membebankan tingkat bunga nominal pada pinjaman dua tahun sebesar 5%, setelah menilai profil kredit peminjam dan faktor inflasi.

Tingkat inflasi selama periode ini diperkirakan 2%. Tingkat bunga riil bank sebenarnya adalah 3%. Jika realisasi inflasi berada pada 7%, maka pengembalian riilnya akan terkikis 2%.

Baca juga: Resep Crafting Citampi Stories Terbaru 2024 Lengkap Meja Produksi 1 dan 2, Catat Biar Nggak Kelupaan

Sumber:

UPDATE TERBARU