Friday 5th of July 2024
×

Kapal Tongkang Adalah? Pengertian, Fungsi, Spesifikasi, dan Jenisnya

Kapal Tongkang Adalah? Pengertian, Fungsi, Spesifikasi, dan Jenisnya

--

BISNIS – Penasaran dengan kapal tongkang? Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai kapal tongkang yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Kapal merupakan alat transportasi yang biasa digunakan untuk menyeberangi sungai hingga lautan. Kapal sendiri memiliki beragam jenis yang tentunya memiliki fungsi masing-masing. Salah satu jenis kapal yang harus kamu ketahui adalah kapal tongkang.

Tentang Kapal Tongkang


Melansir dari berbagai sumber, kapal tongkang adalah jenis kapal yang telah dirancang khusus untuk mengangkut material berat seperti batu bara, pasir, kayu, minyak, hingga bahan konstruksi lainnya. Kapal ini tidak memiliki mesin sendiri dan karenanya harus ditarik oleh kapal lain seperti kapal pengangkut atau kapal tunda.

Baca juga: Cara Pengajuan Pinjaman KSP Dana Rahayu Terbaru 2024, Cek Syarat dan Ketentuannya Disini!

Jenis ini biasanya memiliki badan kapal yang lebar dan rata serta bagian depan yang rata dan tajam. Kapal juga dilengkapi dengan kabel atau tali yang digunakan untuk menarik atau menghubungkan kapal dengan kapal pengangkut atau tugboat.

Jenis kapal ini umumnya digunakan di perairan dangkal seperti sungai, danau, atau pelabuhan. Kapal ini juga banyak digunakan untuk mengangkut kargo antar pulau di Indonesia dengan negara Asia Tenggara lainnya. 

Sumber:

UPDATE TERBARU