Monday 8th of July 2024
×

Kapal Tongkang Adalah? Pengertian, Fungsi, Spesifikasi, dan Jenisnya

Kapal Tongkang Adalah? Pengertian, Fungsi, Spesifikasi, dan Jenisnya

--

Jenis Kapal Tongkang

1. Tongkang Darat

Mayoritas tongkang yang digunakan di perairan pedalaman adalah tongkang darat. Mereka dirancang khusus untuk beroperasi di perairan yang lebih kecil dan merupakan metode transportasi yang paling hemat biaya untuk kargo atau barang dalam jumlah besar yang berukuran besar dan tidak dapat diangkut melalui truk atau kereta api.

2. Tongkang Dek

Terdiri dari platform seperti dek, tongkang dek membawa kargo seperti peralatan konstruksi, batuan dan batu alam, pipa logam besar untuk pertumbuhan infrastruktur, dan bahkan ternak seperti kuda dan sapi. Tongkang geladak juga dapat berlabuh untuk jangka waktu yang lama dan berfungsi sebagai “lahan kering” bagi pekerja dan mesin yang membutuhkan lebih banyak ruang untuk peralatan di sepanjang saluran air.

3. Tongkang Derek


Disebut juga spud barge, kapal ini memiliki buritan berbentuk persegi atau kotak yang membuatnya tetap mengapung di bawah beban derek. Terdapat dukungan tambahan pada konstruksi sekat dan rangka dek, dan dek tongkang menggunakan alas derek khusus untuk traksi. Mereka digunakan untuk mengangkat barang saat berlabuh atau selama konstruksi lepas pantai.

Baca juga: Pinjamwinwin Pinjol Apakah Punya DC Lapangan? Buat Kamu yang Ingin Pinjam dan Galbay WAJIB TAU!

4. Tongkang Hopper

Tongkang hopper digunakan untuk mengangkut kargo dalam jumlah besar seperti gula, baja, biji-bijian, batu bara, bijih, dan sejumlah komoditas lainnya. Mereka memiliki konstruksi lambung ganda untuk pengapungan maksimum dan dapat terbuka atau tertutup, yang terakhir membantu melindungi kargo dari cuaca dan elemen lainnya selama perjalanan jauh di perairan.

5. Tongkang Serpih

Tongkang ini dibangun seperti tongkang dek dengan wadah kargo atau hopper dan digunakan dalam industri minyak dan gas untuk mengangkut kargo dari lokasi pengeboran. Kargo ini memiliki banyak batasan lingkungan dan harus dibuang oleh perusahaan pengolahan yang memiliki persetujuan dan keahlian. Tongkang serpih diatur secara ketat oleh Penjaga Pantai AS untuk memastikan kepatuhan.

Sumber:

UPDATE TERBARU