Wednesday 3rd of July 2024
×

Pendaftaran DTKS Gelombang 2 Tahun 2024 Resmi Dibuka, Cek Jadwal Beserta Syaratnya!

Pendaftaran DTKS Gelombang 2 Tahun 2024 Resmi Dibuka, Cek Jadwal Beserta Syaratnya!

--

BISNIS - Melalui ulasan pembahasan dibawah ini kami akan membagikan informasi terkait dengan jadwal pembukaan DTKS Gelombang 2 Tahun 2024 yang bisa kalian simak dibawah. Langsung saja, simak informasi lengkapnya berikut ini.

DTKS 2024 merupakan salah satu landasan bagi pemerintah dalam menetapkan penerima manfaat bantuan sosial atau Bansos, seperti BPNT, PKH, dan KIS.


Informasi ini tersedia dalam DTKS juga yang menjadi acuan berdasarkan ketentuan UU No 13/2021 yang menegaskan bahwa program-program pemberdayaan dan bantuan sosial harus mengacu pada data yang terintegrasi yang dikelola oleh Kemensos.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar ke DTKS 2024, bisa memiliki dua opsi, yakni melalui pendaftaran secara online atau secara langsung. Pendaftaran secara online langsung bisa dilaksanakan melalui situs web resmi DTKS Kemensos.

Baca juga: Bansos PKH dan BPNT Tahap 2 Resmi Cair Mei-Juni 2024, Pencairan Bisa di Lakukan di Kantor Pos!

Baca juga: Ini Alasan Free Fire Bisa Diblokir 2024 Dari Indonesia: Apa Karena Aturan Baru Kominfo? Gini Penjelasannya

Tentang BDT Atau DTKS

Dilansir dari berbagai sumber, BDT dan DTKS adalah sebuah sistem yang sama dalam mengelola informasi rumah tangga miskin dan rentan di Indonesia. Hanya saja istilah tersebut yang dirubah dahulu bernama Basis Data Terpadu (BDT) dan sekarang dirubah menjadi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Berdasarkan Dinas Sosial Palangkaraya, DTKS adalah sebuah sistem yang memberikan informasi terkait status sosial ekonomi demografi dari 40% penduduk di Indonesia yang dihitung mulai dari yang paling rendah status kesejahteraannya

Cara Mendaftar DTKS secara Online

1. Unduh Aplikasi: Mulai dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos Kemensos dari Play Store. Itu adalah pintu gerbang menuju takhta Bansos!
2. Registrasi Akun: Setelah itu, buka aplikasi dan klik "Buat Akun Baru". Persiapkan dirimu untuk menjadi penguasa Bansos!
3. Isi Data Diri: Serius, ini penting. Isi data dirimu dengan lengkap, seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan pastikan namamu sesuai KK dan KTP. Ingat, nama adalah kekuatan!
4. Unggah Dokumen: Sekarang saatnya untuk melakukan selfie dengan KTP-mu dan unggah fotonya. Tunjukkan pada dunia bahwa Bansos memilihmu!
5. Verifikasi Akun: Klik "Buat Akun Baru" lagi setelah melalui tahap berat ini. Verifikasi akan datang ke kotak emailmu. Persiapkan untuk menjadi penerima Bansos yang terhormat!
6. Daftar Usulan: Sekarang waktunya untuk mengakses aplikasi lagi dan klik menu "Daftar Usulan". Lakukan ini dengan keberanian seorang pahlawan!
7. Pilih Jenis Bantuan: Pilih jenis bantuan yang kau inginkan. Apakah itu Bansos penuh, separuh, atau super duper penuh, terserah padamu!
8. Verifikasi dan Validasi: Ini adalah ujian terakhir. Kemensos akan memproses verifikasi dan validasi datamu. Siapkan dirimu untuk memasuki kerajaan Bansos!

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Sony Xperia XZ Premium Terbaru 2024 Masih Worth it Nggak Sih

Sumber:

UPDATE TERBARU