Friday 5th of July 2024
×

Apakah Gunung Tambora Masih Aktif di Tahun 2024 Ini? Ini Dia Fakta Menarik Gunung Berapi di Pulau Sumbawa Itu

Apakah Gunung Tambora Masih Aktif di Tahun 2024 Ini? Ini Dia Fakta Menarik Gunung Berapi di Pulau Sumbawa Itu

--

Selain seismolog dan vulkanolog yang mengamati aktivitas gunung tersebut, gunung Tambora adalah daerah riset ilmiah arkeolog dan ahli biologi. Gunung ini juga menarik wisatawan untuk mendaki gunung dan aktivitas margasatwa.

Baca juga: 3 Skin KOF97 MLBB Resmi Diumumkan Moonton, Para Pemain Siap Siap Tanggal 24 April 2024!


Baca juga: 1 Menit Lalu! Kode Robux Gratis Hari Ini 21 April 2024, Rahasia! Buruan Klaim Sekarang Juga

Dompu dan Bima adalah kota yang letaknya paling dekat dengan gunung ini. Di lereng gunung Tambora, terdapat beberapa desa. Di sebelah timur terdapat desa Sanggar. Di sebelah barat laut, terdapat desa Doro Peti dan desa Pesanggrahan. Di sebelah barat daya, terdapat desa Calabai.Kemudian barat ada desa labuan kananga.

Terdapat dua jalur pendakian untuk mencapai kaldera gunung Tambora. Rute pertama dimulai dari desa Doro Mboha yang terletak di sisi tenggara gunung Tambora. Rute ini mengikuti jalan beraspal melalui perkebunan kacang mede sampai akhirnya mencapai ketinggian 1.150 m di atas permukaan laut.

Rute ini berakhir di bagian selatan kaldera dengan ketinggian 1.950 m yang dapat dicapai oleh titik pertengahan jalur pendakian.Lokasi ini biasanya digunakan untuk berkemah untuk mengamati aktivitas vulkanik karena hanya memerlukan waktu satu jam untuk mencapai kaldera.

Baca juga: Tersedia! Phantom of the Night - Web untuk Karakter Baru Genshin Impact: Arlecchino Terbaru 2024

Baca juga: Update Arlecchino Web Event Genshin Impact Terbaru 2024, Ada Banyak Karakter Baru yang Keren Banget!

Sumber:

UPDATE TERBARU