Friday 5th of July 2024
×

Penutupan Sementara Bandara Sam Ratulangi Manado Diperpanjang Buntut Erupsi Gunung Ruang

Penutupan Sementara Bandara Sam Ratulangi Manado Diperpanjang Buntut Erupsi Gunung Ruang

--

Penutupan Sementara Bandara Sam Ratulangi Manado Diperpanjang 

BMKG telah mengeluarkan volcano observatory notice for aviation (VONA) sebanyak tiga kali dalam tiga hari terakhir, yang merupakan himbauan bagi penerbangan terkait dampak abu vulkanik terhadap keselamatan penerbangan. Dampak dari sebaran abu vulkanik Gunung Ruang telah dirasakan di beberapa provinsi, termasuk Sulawesi Utara, Gorontalo, dan sejumlah provinsi di Kalimantan.

Berdasarkan peta sebaran abu vulkanik, terlihat bahwa hampir semua provinsi di Kalimantan terdampak abu vulkanik dari Gunung Ruang. Hal ini mengakibatkan beberapa bandara, termasuk Bandara Sam Ratulangi Manado, harus ditutup sementara karena ketersediaan informasi dari volcanic ash advisory centre (VAAC) Darwin.


Peningkatan status Gunung Ruang dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas menandakan eskalasi aktivitas vulkanik yang berbahaya. Erupsi terbaru Gunung Ruang telah mencapai ketinggian semburan material hingga 3.000 meter di atas puncaknya dan disertai dengan suara gemuruh dan gempa.

Baca juga: Viral Skandal Freya JKT 48 Apakah Ada? Cek Faktanya di Sini Buat Oshinya Wota

Baca juga: Update Info! Shopee Tak Bisa Dibuka Hari Ini 20 April Tahun 2024, Penyebab dan Solusi Untuk Pengguna

Baca juga: Video Bus ALS Kembali Menjadi Sorotan, Kecelakaan Maut di Jalur One Way Menelan Korban Jiwa

Ditjen Hubud telah mengeluarkan Surat Edaran dan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara untuk menangani situasi darurat ini dengan mengacu pada prosedur Collaborative Decision Making (CDM) untuk mengamankan operasi penerbangan.

Kami akan terus memantau perkembangan situasi ini dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan demi keselamatan dan kenyamanan penerbangan.

Demikianlah perkembangan terbaru terkait penutupan sementara Bandara Sam Ratulangi Manado dan kondisi erupsi Gunung Ruang yang sedang berlangsung. Kami akan terus menyampaikan informasi terkini seiring dengan perkembangan situasi lebih lanjut.

Itulah informasi mengenai berita terkini yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai bandara sam ratulangi manado ditutup akibat erupsi Gunung Ruang. Mari kita berdoa semoga musibah ini cepat usai! 

Sumber:

UPDATE TERBARU