Friday 5th of July 2024
×

Giveaway Baim Wong yang Asli di WA Menang Sampai Rp50 Juta Beneran atau Hoax, Cek di Sini Faktanya

Giveaway Baim Wong yang Asli di WA Menang Sampai Rp50 Juta Beneran atau Hoax, Cek di Sini Faktanya

--

Masyarakat juga diminta waspada untuk memberikan data pribadi seperti nomor induk kependudukan, nomor rekening, maupun data lainnya agar tidak disalahgunakan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Berikut adalah 4 hal yang masyarakat dapat cermati ketika menerima informasi terkait undian berhadiah, untuk menghindari penipuan.


Baca juga: Download AirDroid Parental Control MOD Apk Versi 2024, Solusi Berselancar Internet dengan Aman dan Terlindungi!

Baca juga: BRImo Error Hari Ini Saldo Rp0 Ternyata Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya, Jangan Panik Bosqu

Baca juga: PT Cipta Raya Data Makmur Loker Penipuan? Simak Fakta Terbarunya Sebelum Putuskan Melamar!

1. Cermati alamat situs web (URL) yang akan diklik

Modus phising akan mengarahkan calon korbannya ke alamat situs web palsu yang mirip dengan situs web yang asli. Bagi mata yang kurang cermat, besar kemungkinan alamat-alamat palsu ini terlihat sama dengan yang asli.

Untuk itu, pastikan Anda telah mengetahui situs resmi dari penyelenggara undian berhadiah dan mengenali tampilan pada halaman situs tersebut.

2. Cermati pengirim pesan yang menghubungi Anda

Modus penipuan dapat dilakukan melalui berbagai platform, salah satu yang umum digunakan adalah WhatsApp. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengantisipasi modus penipuan adalah memperhatikan nomor akun yang menghubungi Anda.

Contohnya, jika Anda dihubungi oleh akun bisnis WhatsApp yang mengaku sebagai perwakilan dari penyelenggara undian berhadiah, cermati nomor yang tertera pada akun bisnis tersebut. Pastikan nomornya sesuai dengan nomor yang tercantum di situs dan media sosial resmi pihak penyelenggara. 

Untuk melaporkan nomor yang tidak Anda kenal di WhatsApp, Anda dapat mengetuk pilihan Laporkan Kontak/Report secara langsung dari dalam chat.

3. Waspadai segala bentuk permintaan informasi pribadi dan pemungutan biaya

Verifikasi data dalam penyelenggaraan undian berhadiah adalah hal yang lumrah dilakukan. Pada tahap inilah, Anda selaku peserta undian berhadiah rentan terhadap aksi penipuan yang berkedok verifikasi data pribadi atau pemungutan biaya untuk mendapatkan hadiah Anda.

Untuk itu, perhatikan dengan seksama segala informasi syarat dan ketentuan yang berlaku saat mendaftarkan diri untuk mengikuti suatu program, terutama yang bersifat daring.

Informasi yang biasanya dibutuhkan oleh penyelenggara untuk proses verifikasi pemenang, antara lain nama lengkap, nomor telepon, nomor identitas (KTP/SIM), alamat sesuai kartu identitas, dan bukti nomor undian yang Anda dapatkan.

4. Jangan segan menghubungi pihak penyelenggara

Penting untuk segera mengambil tindakan ketika menemukan atau menerima informasi yang meragukan dan mencurigakan dari seluruh saluran komunikasi.

Demikianlah informasi mengenai berita yang tengah viral diantara masyarakat tanah air ini. Jadi Pastikan kamu mengikuti kami untuk terus mendapatkan informasi terupdate! 

Sumber:

UPDATE TERBARU