Friday 5th of July 2024
×

Cara Cek Ketersediaan Pupuk Subsidi Banyuwangi dari Pemerintah 2023, Cari Tau Agar Kebagian Kuota

Cara Cek Ketersediaan Pupuk Subsidi Banyuwangi dari Pemerintah 2023, Cari Tau Agar Kebagian Kuota

--

BISNIS – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara cek ketersediaan pupuk subsidi di Banyuwangi tahun 2023 yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Pupuk bersubsidi adalah pupuk yang pengadaan dan penyalurannya mendapat subsidi dari Pemerintah untuk kebutuhan petani yang dilaksanakan atas dasar program Pemerintah. Tak jarang para petani memanfaatkan pupuk subsidi sebagai ladang mencari nafkah.


Subsidi pupuk diperuntukan bagi petani yang memenuhi persyaratan, seperti petani yang tergabung dalam kelompok tani, terdaftar dalam Simluhtan (Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian), menggarap lahan maksimal dua hektare, dan menggunakan kartu tani (untuk wilayah tertentu).

Baca juga: Harga Tiket Kapal Ferry dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni (Lampung) Per Desember 2023, Tersedia Layanan Ekspres

Baca juga: Ide Gambar Produk Minuman yang Mudah Digambar, Penuh Inspirasi! Buat Bisnis Minumanmu Jadi Makin Laris Manis

Dengan adanya keterbatasan Pemerintah dalam penyediaan subsidi pupuk dalam rangka program pemerintah, maka pupuk bersubsidi hanya diperuntukan bagi usaha pertanian yang meliputi Petani Tanaman Pangan, Peternakan dan Perkebunan Rakyat.

Dan untuk menjamin pengadaan dan mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi, ditetapkan Keputusan Menteri, yaitu melalui Surat Keputusan Menperindag No. 70/MPP/Kep/2/2003 tanggal 11 Pebruari 2003, tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian.

++++

Cara Cek Pupuk Subsidi di Banyuwangi

Melansir dari berbagai sumber, ketersediaan pupuk bersubsidi di Banyuwangi di tahun 2023 telah ditetapkan oleh pemerintah sebesar 46.506 ton jenis urea dan 29.933 ton NPK. Jumlah alokasi tersebut mengalami penurunan cukup signifikan dibandingkan dengan tahun lalu, seiring berlakunya Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 10 Tahun 2022.

Baca juga: Jadwal Kapal KM Umsini Desember 2023 Terbaru Lengkap Dengan Harga dan Cara Pesan Tiket Secara Online yang Gampang

Baca juga: Jackpot Terus! Link Download Higgs Domino Versi Lama V1.57 APK Update Terbaru 2023, Tanpa Iklan Auto Jadi Sultan!

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Banyuwangi, alokasi pupuk subsidi urea pada tahun 2022 sebesar 54.955 ton atau berkurang 8.449 ton di tahun 2023. Sedangkan pupuk subsidi NPK mengalami pengurangan sebesar 10.943 ton, yang awalnya mendapatkan 40.876 ton di tahun 2022 menjadi 29.933 ton pada tahun ini. 

Meskipun seperti itu, Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Pertanian dan Pangan memastikan, tahun 2023 ketersediaan pupuk subsidi untuk petani tercukupi.

Adapun daftar komoditas tanaman yang dapat pupuk bersubsidi yakni padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu, kopi dan kakao. Sedangkan syarat untuk mendapatkan pupuk subsidi yaitu, harus tergabung dalam kelompok tani serta maksimal kepemilikan lahan 2 hektare. Selanjutnya harus terdaftar atau mendaftarkan diri ke dalam e-alokasi.

Baca juga: Gak Perlu Root! Download Higgs Domino Versi Lama Apk V1.54 Plus X8 Speeder, Fitur Lebih Lengkap Hoki Terus!

Baca juga: Segera Klaim! Kode Voucher Promo Shopee Hari Ini 15 Desember 2023, Dapatkan Cashback & Gratis Ongkir Sampai 50%

Untuk mengawasi peredaran pupuk bersubsidi, Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi mengeluarkan inovasi Cek Pubertas (Cek Pupuk Bersubsidi secara Terbatas). Bahkan program tersebut, kini diintegrasikan dengan Smart Kampung, aplikasi pelayanan publik besutan Pemkab Banyuwangi. 

++++

Cek Pubertas dibuat untuk memudahkan petani mengetahui dan memantau alokasi pupuk yang dimiliki. Berapa banyak pupuk yang telah ditebus, dan jumlah sisa kuota yang dimiliki. Selain itu juga dapat menghubungi Kelompok Tani pembuat pupuk alternatif apabila alokasi pupuknya sudah habis. 

Fitur dalam Cek Pubertas juga membuat partisipasi petani secara langsung dalam fungsi kontrol dan pengawasan distribusi pupuk bersubsidi, yang sebelumnya hanya ada di Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3).

Baca juga: Download Boss Domino X8 Speeder Versi 2023 Unlimited Money APK Gratis, Tanpa Iklan dan Update

Baca juga: Makan Enak! Saldo DANA Gratis Dari Pemerintah Langsung Cair Hari Ini 15 Desember 2023, Tembus 1 Juta Rupiah!

Melalui aplikasi ini petani bisa mendapatkan informasi lainnya, seperti kelompok-kelompok petani unggulan produsen pupuk alternatif, informasi harga HET dan pilihan pupuk non subsidi. Apakah kamu sudah cek ketersediaan pupuknya?

Sumber:

UPDATE TERBARU