Wednesday 3rd of July 2024
×

Nasabah Pinjol Wajib Tau! Begini Cara Cek Data BI Checking dengan Mudah Cuma dari HP

Nasabah Pinjol Wajib Tau! Begini Cara Cek Data BI Checking dengan Mudah Cuma dari HP

--

ASCOMAXX.com - Para pengguna pinjaman online tentu wajib mengetahui cara melakukan cek data di BI Checking. Apalagi untuk kalian yang suka galbay atau pernah mendapat permasalahan kredit, karena data tersebut bisa terkena blacklist. Berikut cara mudah cek data BI Checking cuma dari HP.

Nasabah yang mengalami sanksi BI Checking atau tercatat dalam daftar penilaian buruk BI Checking adalah mereka yang pernah mengalami masalah dalam kredit, baik itu di bank maupun lembaga pembiayaan lain yang diawasi oleh OJK.


Seseorang yang terkena sanksi BI Checking tidak akan memiliki kesempatan untuk mengajukan kredit lagi di lembaga pembiayaan yang diawasi, kecuali jika mereka mencoba melakukannya melalui lembaga keuangan yang tidak memiliki izin resmi.

BI Checking merupakan sistem yang dikelola oleh Bank Indonesia (BI) untuk memeriksa riwayat kredit seseorang. BI Checking digunakan oleh bank dan lembaga keuangan lainnya untuk mengevaluasi kelayakan kredit nasabah. 

Baca juga: Cara Cek BI Checking Atau Slik OJK Via Online dan Offline, Mudah Tanpa Perlu Install Aplikasi!

Baca juga: Nunggak Angsuran? Begini Cara Membersihkan Laporan di BI Checking PNM Mekaar Paling Jitu

Baca juga: Tabel Simulasi Angsuran Hutang Rp 100 juta Kupedes BRI 2023, Paling Kecil dari Rp 5 Juta Saja Langsung Cair

BI Checking digunakan untuk memastikan kualitas kredit dan keuangan nasabah serta melindungi lembaga keuangan dari risiko kredit yang tinggi. Informasi yang tersedia dalam sistem ini diakses oleh lembaga keuangan yang memiliki izin resmi.

Syarat yang Diperlukan

Syarat-syarat untuk melakukan pemeriksaan BI Checking atau SLIK OJK secara online adalah sebagai berikut:

Sumber:

UPDATE TERBARU