Wednesday 3rd of July 2024
×

Cara Cek BI Checking Atau Slik OJK Via Online dan Offline, Mudah Tanpa Perlu Install Aplikasi!

Cara Cek BI Checking Atau Slik OJK Via Online dan Offline, Mudah Tanpa Perlu Install Aplikasi!

--

BISNIS - Dalam melakukan kredit suatu pinjaman, tentu riwayat pembayaran tepat waktu perlu dilakukan agar tidak terdeteksi oleh lembaga keuangan. Kalian bisa melakukan pengecekkan melalui BI Checking atau Slik OJK yang langkah dan caranya ternyata mudah untuk dilakukan. Berikut informasi lengkapnya.

BI Checking (Bank Indonesia Checking) dan SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan) ini merupakan dua sistem yang digunakan di Indonesia untuk memeriksa riwayat kredit dan profil keuangan seseorang.


BI Checking merupakan sistem yang dikelola oleh Bank Indonesia (BI) untuk memeriksa riwayat kredit seseorang. BI Checking digunakan oleh bank dan lembaga keuangan lainnya untuk mengevaluasi kelayakan kredit nasabah. 

Baca juga: Apakah FIF Masuk BI Checking? Gagal Bayar Bisa Bikin Susah Ambil Pinjaman

Baca juga: Cara Membaca Nominal Uang Jutaan Rupiah Paling Mudah dan Benar, Pastikan Dulu Hafal Angka Ini!

Baca juga: Apakah Koperasi PNM Mekaar Masuk BI Checking? Ternyata Begini Fakta Sesuai Aturannya!

Sedangkan untuk SLIK OJK sendiri merupakan sistem yang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia. Sistem ini digunakan untuk memeriksa dan melaporkan profil keuangan perorangan, termasuk informasi mengenai kepemilikan rekening bank, kartu kredit, pinjaman, dan produk keuangan lainnya.

Kedua sistem tersebut, BI Checking dan SLIK OJK, digunakan untuk memastikan kualitas kredit dan keuangan nasabah serta melindungi lembaga keuangan dari risiko kredit yang tinggi. Informasi yang tersedia dalam sistem ini diakses oleh lembaga keuangan yang memiliki izin resmi.

Cara Cek BI Checking Atau Slik OJK

Sumber:

UPDATE TERBARU