Monday 1st of July 2024
×

Kupon SBR013 Berpotensi Tinggi, Sifatnya Floating With Floor Apa Maksutnya? Cek Disini Penjelasannya!

Kupon SBR013 Berpotensi Tinggi, Sifatnya Floating With Floor Apa Maksutnya? Cek Disini Penjelasannya!

--

BISNIS - Pada uraian pembahaasan dibawah ini kami akan membagikan informasi terkait dengan Kupon SBR013 Berpotensi Tinggi yang disebut Floating With Floor. Lantas, apa maksutnya? Berikut ini adalah informasi lengkapnya yang bisa kalian simak.

Senin, 10 Juni 2024 mendatang, Pemerintah berencana menerbitkan Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR013, yang merupakan SBR keempat yang diterbitkan pada tahun ini. SBR013 akan diterbitkan dalam dua tenor, yaitu tenor 2 tahun (SBR013-T2) dan tenor 4 tahun (SBR013-T4).


Salah satu daya tarik dari SBR, termasuk SBR013, adalah jenis kupon atau imbal hasilnya yang mengambang dengan tingkat kupon minimal (floating with a floor). Namun, apa yang dimaksud dengan tingkat kupon mengambang dengan floor?

Baca juga: Tempat Gadai BPKB Motor Bandung Terdekat 2024, Dapatkan Penawaran Tinggi dan Bunga Kecil

Baca juga: Masuk Rumah Orang Tanpa Izin Kena Pasal Berapa? Awas Jangan Sembaranga Kalau Tidak Mau Dihukum!

Pertama-tama, terutama bagi kalian yang merupakan investor pemula, perlu diketahui bahwa Kementerian Keuangan mempertimbangkan lima faktor dalam menentukan kupon SBN ritel, termasuk jenis SBR,

yaitu bunga deposito perbankan, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI), imbal hasil (yield) SBN dengan tenor yang sama di pasar, tingkat suku bunga penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan kondisi makroekonomi.

Deni Ridwan, Direktur Surat Utang Negara (SUN) di Badan Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, mengatakan bahwa, dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, investor ritel tampaknya lebih menyukai SBN ritel yang memiliki kupon mengambang dengan batas bawah (floor).

Salah satu alasannya adalah karena dengan fitur ini, investasi yang dilakukan (di SBR) terlindungi dari inflasi.

Baca juga: Link Download The Adelaide Remake Mod Apk Latest Version 2024, Unlocked All Gratis Untuk Android iOS

"Masyarakat sudah semakin diversifikasi (aset dan investasinya, red), semacam hedging kan ada SBN Ritel yang sifanya floating. Kalau untuk SBR013, Minggu depan kan terbit jadi kalau mau secure dengan suku bunga makin tinggi ya buru-buru besok memasannya," kata Deni kepada Bareksa, Selasa (4/6/2024).

Sumber:

UPDATE TERBARU