Monday 1st of July 2024
×

Membebaskan Hujan Dari Tirani Puisi, Isinya Bikin Terharu dan Tersentuh!

Membebaskan Hujan Dari Tirani Puisi, Isinya Bikin Terharu dan Tersentuh!

--

BISNIS – Puisi termasuk salah satu bentuk karya sastra yang banyak disukai karena disajikan dalam bahasa yang indah dan sifatnya yang imajinatif. Bahkan puisi juga dianggap sebagai rangkaian kata-kata yang menggambarkan perasaan penulisnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Puisi juga diartikan sebagai gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat.


Baca juga: Link Video Remaja SMP yang Ketahuan Nobar Video Asusila Full Durasi, Satpol PP Ngaku itu Bukan di Manado

Baca juga: Viral Video Ibu Baju Oren Cabuli Anak Kandungnya Twitter dan TikTok, Isi Percakapan Sang Mama Disorot!

Ciri-ciri Puisi

  1. Puisi mengandung ungkapan pikiran, perasaan, dan pengalaman penyair yang bersifat imajinatif.
  2. Puisi menggunakan bahasa konotatif, yang mengandung makna tersirat dan tidak hanya mengacu pada makna literal kata-kata.
  3. Puisi mengadopsi pemadatan semua unsur daya bahasa, sehingga kata-kata yang dipilih disusun secara padat dan efektif.
  4. Puisi menggunakan diksi yang tepat dengan memperhatikan irama atau bunyi. Pemilihan kata-kata dan ritme suara dapat memberikan efek yang khas dalam puisi.
  5. Puisi dapat dibentuk melalui tipografi, di mana tata letak visual dan pengaturan huruf dapat berkontribusi pada ekspresi dan interpretasi puisi.

Jenis Puisi

1. Puisi Naratif

Jenis puisi ini mengisahkan cerita atau penjelasan dari sudut pandang penyair. Terdapat dua macam dalam jenis puisi naratif, yaitu balada dan romansa.

Balada merupakan puisi yang mengisahkan tentang tokoh-tokoh perkasa atau idola. Contoh-contohnya adalah Balada Orang-orang Tercinta dan Blues untuk Bonnie karya WS Rendra.

Baca juga: [Free] Download Honor Of Kings MOD APK Terbaru 2024 Unlocked Premium, Rasakan Main Game RPG Full Fitur

Sumber:

UPDATE TERBARU