Wednesday 26th of June 2024
×

Benarkah AliExpress Tidak Bisa Kirim Ke Indonesia? Cek Disini! Begini Pengalaman dari Pembelinya

Benarkah AliExpress Tidak Bisa Kirim Ke Indonesia? Cek Disini! Begini Pengalaman dari Pembelinya

--

Baca juga: Kapan Reset Skin Season 33 MLBB? Hero Jawhead Bakal Hadir Menghiasi Banner Baru!

Melalui Permendag No. 31 tahun 2023, Kementerian Perdagangan Indonesia secara resmi melarang marketplace lintas negara menjual barang impor dengan harga kurang dari USD 100 atau sekitar Rp 1,5 juta.


Alasan dari peraturan ini adalah untuk melindungi para pelaku UMKM dalam negeri dari kebangkrutan akibat persaingan dengan toko-toko online asing, khususnya AliExpress.

Namun, peraturan ini tidak secara eksplisit melarang atau menutup operasional AliExpress Indonesia. Peraturan ini hanya mengatur harga penjualan eceran dengan ketentuan harga yang telah disebutkan di atas.

Baca juga: Kapan Reset Skin Season 33 MLBB? Hero Jawhead Bakal Hadir Menghiasi Banner Baru!

Baca juga: Elsa Korban Travel Maut di Mura Meninggal Dunia, Ternyata Atlet Badmintoon dan Akan Menikah!

Faktanya, ketika kami mencoba membeli barang di situs AliExpress dengan harga di atas 2 juta rupiah, kami tetap tidak bisa mengisi alamat pengiriman karena pilihan negara Indonesia tidak muncul di menu drop-down.

Anehnya, ketika kami mengganti pilihan menu drop-down dengan nama negara lain seperti Arab Saudi, Australia, dan Jerman, nama negara mereka tersedia lengkap dengan bendera nasionalnya.

Demikian pula, negara-negara Asia lainnya seperti Malaysia, Singapura, Brunei, dan Vietnam semuanya tersedia. Jadi alasan utama mengapa AliExpress tidak dapat mengirim ke Indonesia bukanlah banyaknya harga di bawah 1,5 juta untuk harga eceran lintas batas.

Masalah ini masih menjadi teka-teki hingga hari ini (pada saat artikel ini ditulis), apakah AliExpress yang melarang operasinya di Indonesia atau pemerintah yang menutup AliExpress Indonesia. Demikianlah informasi yang kami bagikan, semoga bisa bermanfaat. 

Sumber:

UPDATE TERBARU