Monday 8th of July 2024
×

Pengertian Error in Persona Lengkap Dengan Klarifikasi dan Pandangannya di Dalam Hukum Tentang Gugatan Seseorang

Pengertian Error in Persona Lengkap Dengan Klarifikasi dan Pandangannya di Dalam Hukum Tentang Gugatan Seseorang

--

Klasifikasi Error in Persona

1. Diskualifikasi in Person

Diskualifikasi in person terjadi apabila pihak yang bertindak sebagai penggugat merupakan orang yang tidak memenuhi syarat (diskualifikasi) karena penggugat dalam kondisi berikut:
 
 
 
  • Tidak mempunyai hak untuk menggugat perkara yang disengketakan.
  • Tidak cakap melakukan tindakan hukum, yakni orang yang berada di bawah umur atau perwalian. Karenanya, mereka tidak dapat bertindak sebagai penggugat tanpa bantuan orang tua atau wali.

2. Salah Sasaran Pihak yang Digugat (Gemis Aanhoeda Nigheid)

Bentuk lain error in persona yang mungkin terjadi adalah keliru menarik orang sebagai pihak tergugat (gemis aanhoeda nigheid).
 
Sebagai contoh, pihak yang meminjam uang adalah A, tetapi yang ditarik sebagai tergugat untuk melunasi pembayaran adalah B. Gugatan yang demikian adalah salah dan keliru, karena tidak tepat menetapkan orang sebagai tergugat.
 
Selain itu, dapat juga terjadi salah sasaran, apabila yang digugat adalah anak di bawah umur atau di bawah perwalian, tanpa mengikutsertakan orang tua atau walinya.
 
 Itu dia pembahasan sekilas yang bisa kami sampaikan mengenai error ini persona. Semoga bermanfaat.
 
Editor: Karina SA
TAG: #error in persona #klasifikasi error in persona #pengertian error in persona #makna error in persona #error in persona di dunia hukum
Sumber:

UPDATE TERBARU