Saturday 5th of October 2024
×

Safe Exam Browser Error Mulai Dari Setup Failed hingga Modify Setup? Ini Solusinya!

Safe Exam Browser Error Mulai Dari Setup Failed hingga Modify Setup? Ini Solusinya!

--

Baca juga: Cara Download 233 Leyuan Sakura School Simulator Baju Baru Gratis 2024, Ganti Style Kekinian Favoritmu Segera!

Cara Menggunakan Safe Exam Browser dan Cara Mengatasi Error

  1. Pastikan Anda sudah mendaftarkan sekolah di e-ujian.id. Klik Daftar E-ujian untuk memulai mendaftarkan sekolah Anda secara gratis.
  2. Login di aplikasi e-ujian.id sekolah Anda sebagai admin
  3. Setelah login, silakan pilih menu CBT Exam Browser. Di menu ini, Anda akan diberikan detil informasi bagaimana cara kerja exam browser. Selanjutnya, silakan aktifkan CBT Exam Browser dengan menggeser tombol EXAM BROWSER ke mode aktif:
  4. Selesai. Mode Exam Browser sudah berhasil diaktifkan untuk sekolah Anda dan siswa HANYA akan bisa login melalui Safe Exam Browser dan Android Exam Browser yang kami sediakan.
  5. Selanjutnya, silakan download aplikasi safe exam browser di SINI dan kemudian install di komputer Anda.
  6. Setelah berhasil ter-install, silakan dibuka dan kemudian masukkan alamat web sekolah Anda pada aplikasi exam browser Anda seperti screen shoot berikut dan klik Restart SEB
  7. Selanjutnya, siswa akan dapat login dan mengerjakan ujian seperti biasa di safe exam browser dan kecurangan saat ujian online dapat dihindarkan karena siswa tidak dapat membuka aplikasi lainnya saat ujian.

Penyebab dan Cara Mengatasi Error Safe Exam Browser (SEB)

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa error yang dapat terjadi saat menggunakan Safe Exam Browser (SEB) :

1. Tidak dapat menjalankan SEB


Tidak dapat running atau menjalankan SEB dan muncul pesan eror "Session Start Error: SEB failed to start a new session! Please consult the log file for more information". Aplikasi SEB, karena alasan tertentu, tidak dapat dijalankan.

Baca juga: Download Clash Of Clans (COC) Gem Hack Versi Terbaru 2024, Unduh Secara Gratis Disini!

Baca juga: Kenapa Kode Masuk Voucher XL Gagal Digunakan? Tak Perlu Panik! Begini Cara Mudah Mengatasinya

Solusinya adalah restart laptop atau PC yang kamu gunakan. Namun, jika masih bermasalah dapat mengecek informasi lebih lanjut pada log file SEB. File tersebut dapat ditemukan pada direktori %LocalAppData%\SafeExamBrowser\Log\Users\AppData\Local\SafeExamBrowser\Logs

Mungkin terlihat rumit, namun kamu dapat mengetahui lebih lanjut permasalahan yang terjadi pada perangkat yang kamu gunakan ketika mengalami eror membuka SEB ini.

2. Gagal install

Gagal install muncul pesan eror "Setup Failed innufficient disk space". Solusinya adalah pastikan ruang penyimpanan pada hardisk atau SSD di laptop kamu cukup untuk menginstall SEB. Space minimal atau ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk menginstall SEB adalah 4,5 GB.

Sumber:

UPDATE TERBARU