Saturday 5th of October 2024
×

Biaya Bangun Rumah Per Meter di Malang Update Terbaru 2024, Segini Total Biaya Perkiraannya!

Biaya Bangun Rumah Per Meter di Malang Update Terbaru 2024, Segini Total Biaya Perkiraannya!

--

Baca juga: Download Hungry Shark Evolution Mod Apk 11.1.2 [Unlimited money], Mancing Ikan Jadi Makin Mudah Pake MOD!

Biaya Jasa Tukang Bangunan

Anda tentu tak akan bisa membangun rumah tanpa adanya jasa tukang bangunan karena keberadaanya lah yang bisa mewujudkan rumah impian. Dalam hal ini Anda harus memastikan untuk memilih tukang bangunan yang berpengalaman. 

Tukang tersebut juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Tujuannya agar proses pembangunan lebih lancar. Untuk biaya jasa tukang ini sendiri bisa dibedakan menjadi dua yaitu tukang harian dan Borongan. 

Jika Anda memilih tukang harian maka penting sekali untuk memperhatikan jadwal pembangunan supaya bisa segera selesai tepat waktu. Jika tidak maka biaya tenaga kerja akan membengkak dan tak sesuai dengan anggaran. Tukang harian yang terampil perkiraan biayanya berkisar Rp100 ribu - Rp120 ribu per harinya. 

Berbeda dengan tukang borongan yang mana Anda bisa menyerahkan seluruh kebutuhan bangunnan pada tukang. Setelah pengerjaan selesai sesuai waktu tertentu baru Anda melakukan pembayaran. Perkiraan biaya tukang borongan adalah Rp4 juta - Rp5 juta per m2, tergantung pada jenis rumah yang Anda bangun. 

Biaya Material Bangunan

Baca juga: Kapan Maintenance Genshin Impact 4.6 Tidak Bisa Dibuka Hari Ini 24 April 2024, Sampai Jam Berapa Ya?

Baca juga: Cara Tarik Tunai Shopeepay di Indomaret Terbaru 2024, Mudah dan Praktis Langsung Cair!

Dalam memperhitungkan biaya atau anggaran bangun rumah Anda wajib mengetahui harga bahan bangunan. Adapun bahan bangunan sendiri harganya sangat beragam, tergantung pada tingkat perekonomian daerah Anda. 

Untuk lebih mudah Anda bisa mencari di internet sebagai referensi. Namun jika ingin lebih pasti Anda bisa menanyakan langsung pada toko bahan bangunan terdekat untuk survey harga. Pastikan untuk tidak hanya bertanya pada satu toko saja. Sebisa mungkin lakukan pada beberapa toko dan lakukan perbandingan lalu baru memutuskan mana yang paling sesuai dengan budget. 

Biaya Jasa Perencanaan Desain

Jenis biaya lain yang juga harus diperhitungkan adalah biaya jasa perencanaan desain. Biaya jasa arsitek dalam perencanaan desain ini memang tidaklah mudah. Bahkan biaya ini tergolong sangat mahal karena berkisar antara Rp35 juta - Rp143 juta. Bisa lebih mahal dan bisa juga lebih murah. 

Meski tergolong mahal menggunakan jasa arsitek tetap memberi keuntungan yang besar. Salah satunya adalah desain rumah akan lebih matang dan berkualitas. Berbeda dengan tanpa arsitek dimana banyak kemungkinan adanya biaya tambahan akibat ketidaksesuaian bangunan rumah dengan desain yang Anda harapkan. 

Sumber:

UPDATE TERBARU