Monday 8th of July 2024
×

Kenapa IHSG Turun Hari Ini April 2024? Diduga Karena Sengketa Pemilu! Inilah Penyebab Lengkapnya

Kenapa IHSG Turun Hari Ini April 2024? Diduga Karena Sengketa Pemilu! Inilah Penyebab Lengkapnya

--

Baca juga: Little Sister v1.101 MOD APK Download Update 2024, Begini Cara Installnya di Android!

Tentunya, hal ini juga ikut mempengaruhi pergerakan rupiah yang melemah sebesar 1,27% terhadap dolar AS sejak 21 Maret hingga awal perdagangan Senin (1/14/2024).


Disisi lain, situasi politik dalam perselisihan pemilu, khususnya permintaan agar Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka didiskualifikasi sebagai peserta Pilpres 2024, juga memberikan dampak negatif pada pasar keuangan RI.

Data transaksi Bank Indonesia kini juga menunjukkan bahwa nonresiden melakukan penjualan bersih signifikan di pasar keuangan domestik pada akhir Maret 2024.

Bukan hanya itu, terjadi kenaikan inflasi menjadi 3,05% secara tahunan pada Maret 2024, yang didorong oleh kenaikan harga makanan, minuman, dan tembakau.

Namun, sentimen positif muncul dari sektor manufaktur dengan PMI mencatatkan angka tertinggi dalam 29 bulan terakhir, menunjukkan pertumbuhan ekspansif yang dipicu oleh permintaan domestik yang meningkat, terutama menjelang perayaan Lebaran pada 10-11 April 2024.

Baca juga: Heboh! Breckie Hill Leaks Viral Tiktok Twitter, Video Pribadi Onlyf*ns Tersebar di Internet!

Baca juga: Download FF MAX Mobile Panel APK Versi Terbaru 2024, Musuh Auto Kena Headshot Berkali Kali Anti Gagal!

Dengan demikian, meskipun terdapat tantangan dan volatilitas di berbagai sektor ekonomi, namun pertumbuhan manufaktur yang kuat masih diunggulkan supaya bisa memberikan harapan untuk stabilitas ekonomi di masa mendatang.

Sumber:

UPDATE TERBARU