Thursday 4th of July 2024
×

Aspek Penting dalam Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) di Industri Farmasi

Aspek Penting dalam Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) di Industri Farmasi

--

BISNIS – Pada artikel berikut ini adalah beberapa aspek penting dalam cara pembuatan obat yang baik (CPOB) di industri farmasi. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Industri farmasi adalah penentu dalam menjamin ketersediaan obat yang bermutu. Untuk memproduksi dan mendistibusikan obat ke pelanggan, setiap industri farmasi harus mengikuti panduan Cara pembuatan Obat yang Baik (CPOB) agar dapat menjamin dan menghasilkan produk obat yang bermutu.

Tentang CPOB


Melansir dari berbagai sumber, CPOB merupakan tata cara pembuatan obat yang baik, yang merupakan pedoman wajib bagi semua industri farmasi, agar menghasilkan produk yang berkhasiat, aman, dan bermutu.

Baca juga: Kapan Minecraft Bedrock Edition v1.21 Rilis? Ada Blok Tembaga Baru dan Upgrade Ruang Sidang

Baca juga: Join Apex Legends Asia Festival 2024, Bersiap Bertahan Hidup dan Jadilah Juaranya!

CPOB tidak hanya mengatur aspek produksi, akan tetapi juga pengendalian mutu obat. Hal ini dikarenakan pengendalian mutu yang menyeluruh sangatlah penting untuk dilakukan agar produk obat yang dihasilkan tidak hanya sekedar lulus dari serangkaian pengujian, tetapi yang lebih penting adalah bahwa mutu harus dibentuk ke dalam produk tersebut (to build quality into the product).

Tujuan CPOB

Sampai saat ini CPOB menjadi pedoman dan acuan yang wajib dipenuhi oleh seluruh industri farmasi di Indonesia dalam melakukan kegiatan bisnisnya. Berikut ini adalah tujuan diperlukannya CPOB dalam sebuah industri farmasi:

Sumber:

UPDATE TERBARU