Monday 8th of July 2024
×

Daftar Alamat Link LPSE Kalimantan Barat (Kalbar) Masih Aktif 2024, Langsung Cek Sini!

Daftar Alamat Link LPSE Kalimantan Barat (Kalbar) Masih Aktif 2024, Langsung Cek Sini!

--

BISNIS - LPSE atau Layanan Pengadaan Secara Elektronik adalah mekanisme dan ekosistem penyelenggaraan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah maupun pemerintah daerah. Seluruh prosedur dan proses pengadaan dilakukan melalui sistem e-procurement bernama SPSE.

Sistem ini dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sesuai Pasal 1 Nomor 6 Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Perpres PBJ-2018 junto Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Perpres PBJ-2021, serta pasal-pasal lain dalam kedua Peraturan tersebut. Di dalam LPSE dioperasikan SPSE.


Baca juga: Jadwal Beasiswa BCA Finance 2024 dan Cara Daftar Lengkap Dengan Persyaratannya untuk SMA SMK Dapat Uang Saku Per Bulan

Baca juga: Daftar Pinjol Ilegal Yang Masih Aktif 2024, Jangan Sampai Terlena dengan Penawaran Menariknya!

LPSE merupakan unit yang dibentuk oleh sebuah instansi untuk mengoperasikan sistem e-procurement SPSE. Pada awalnya LPSE hanya sebagai tim ad hoc yang dibentuk oleh kepala instansi (gubernur, wali kota, menteri).

Pada perkembangan selanjutnya, sebagian instansi telah mendirikan LPSE secara struktural seperti di Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Sumatera Barat.

Pada proses pengadaan LPSE hanya sebagai fasilitator yang tidak ikut dalam proses pengadaan. Pelaksanaan proses pengadaan sepenuhnya dilakukan oleh panitia pengadaan atau Unit Layanan Pengadaan/ULP.

Baca juga: Kabar Higgs Domino Hari Ini 22 Februari 2024 : Fitur Kirim Chip Bakal Balik Lagi di 1 Maret! Begini Kata Developer

Sumber:

UPDATE TERBARU