Sunday 7th of July 2024
×

Cara Pendaftaran ABM 2024 Untuk Siswa Kelas IX SMP/MTs/SMPK/SMPTK/WMP Berikut Jadwalnya Lengkap

Cara Pendaftaran ABM 2024 Untuk Siswa Kelas IX SMP/MTs/SMPK/SMPTK/WMP Berikut Jadwalnya Lengkap

--

BISNIS - Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbud kembali menggelar Asesmen Bakat dan Minat (ABM) 2024. Nah, karenanya kali ini sudah kami siapkan update yang membahas mengenai Cara Pendaftaran ABM 2024. Catat ya! 

ABM diadakan oleh Pusmendik Kemdikbud untuk mengukur potensi siswa dan memprediksi kemampuan seseorang pada bidang-bidang tertentu. Lewat asesmen ini, minat siswa terhadap kegiatan atau pekerjaan bisa dipetakan.


Beberapa aspek yang diukur lewat ABM antara lain kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa. Tidak seperti pada tes prestasi akademik, soal-soal pada ABM menguji daya nalar, bukan kemampuan siswa pada mata pelajaran tertentu.

Hasil ABM ini dapat dijadikan acuan bagi siswa dalam menentukan jurusan apa yang akan dipilih di jenjang SMA/sederajat. Pelaksanaan ABM 2024 akan digelar secara daring dengan Computerized Based Test (CBT).

Tes ABM mengukur kemampuan atau potensi umum seseorang pada bidang-bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. Dengan begitu, ABM diharapkan dapat membuat arah pengembangan lebih jelas dan terencana.

Baca juga: Download MB WhatsApp iOs 9.52 Update New Version Apk Update 2024 Bikin WA di Android Ala iPhone

Baca juga: Link Download Riyu Exambro, Aplikasi Ujian Terbaru 2024 Lengkap Dengan Cara Pakainya di HP, Laptop, Sampai PC

Mekanisme Pelaksanaan ABM 2024

  1. ABM akan dikerjakan secara daring dengan sistem Computer Based Test (CBT)
  2. Pelaksanaan ABM berlangsung selama 2,5 jam mulai dari pukul 08.00 setempat
  3. Jadwal dan waktu pengerjaan bisa diatur oleh setiap satuan pendidikan dalam rentang waktu yang telah ditentukan Pusmendik
  4. ABM dilakukan pada ruang laboratorium komputer atau ruangan serupa
  5. Pelaksanaan ABM harus memperhatikan jarak antar siswa
  6. Jika terdapat kekurangan komputer, satuan pendidikan bisa menggunakan laptop pribadi milik guru atau siswa
  7. Apabila ada gangguan teknis selama pelaksanaan ABM, peserta dan satuan pendidikan bisa menunggu hingga masalah teknis terselesaikan. Namun apabila dalam sehari kendala belum juga terselesaikan, maka dapat melaksanakan ulang di hari lain antara 19 - 23 Februari 2024 atau 26 Februari - 1 Maret 2024

Sumber:

UPDATE TERBARU