Friday 5th of July 2024
×

Geger Ganjar Pranowo Klaim Kantongi Hasil Exit Poll Pemilu Viral, Bawaslu: Abaikan! Kan Belum Dimulai

Geger Ganjar Pranowo Klaim  Kantongi Hasil Exit Poll Pemilu Viral, Bawaslu: Abaikan! Kan Belum Dimulai

--

BISNIS - Pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di luar negeri telah berlangsung pada awal Februari 2024. Meskipun penghitungan suara resmi baru akan dilakukan pada tanggal 14 Februari 2024, beberapa lembaga survei telah mengeluarkan hasil exit poll untuk memberikan gambaran awal mengenai pilihan WNI di rantau.

Exit poll adalah survei yang dilakukan kepada pemilih yang baru saja keluar dari tempat pemungutan suara (TPS). Survei ini menanyakan kepada pemilih siapa yang mereka pilih dan alasan di balik pilihan mereka. Hasil exit poll dapat memberikan gambaran awal mengenai hasil pemilu, meskipun tidak selalu akurat.

Yang membuat heboh akhir -akhir ini adalah pernyataan Ganjar yang mengatakan mengantongi hasil exit poll. 

Baca juga: Update Hasil Pemilu Luar Negeri Terbaru 2024, Apakah Pilihanmu Jadi Urutan Pertama?

Baca juga: Free Download Pose Sakura School Simulator APK Latest Version 2024, Unduh Mediafire Gratis Android iOS

"Siapkan saksi-saksi untuk nanti tanggal 14 Februari harus menunggu. Terus siap-siap untuk menunggu seluruh perhitungan persis yang disampaikan teman-teman pagi tadi di New York menyampaikan kepada saya 'kita melakukan exit poll sendiri, Mas', hasilnya luar biasa, Belanda sama, Jerman sama," katanya.

Menanggapi hal tersebut Bawaslu meminta masyarakat untuk mengabaikan saja karena perhitungan sebelum dimulai.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Siwaslu 2024 Versi Terbaru Untuk Pemilu Aman dan Lancar

"Berkaitan dengan hal ini, pemungutan suara di luar negeri itu melalui voting lebih cepat daripada di dalam negeri. Di sana ada yang mulai tanggal 4-11 Februari untuk metode TPS. Pemungutan suara di luar negeri kan ada pos, KSK dan TPS," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari pada wartawan di Gedung KPU RI.

Sumber:

UPDATE TERBARU