Saturday 6th of July 2024
×

Meresahkan! Ini Daftar Pinjaman Online yang Diduga Scam Terbaru 2023, Harus di Cek ya Biar Gak Tertipu

Meresahkan! Ini Daftar Pinjaman Online yang Diduga Scam Terbaru 2023, Harus di Cek ya Biar Gak Tertipu

--

BISNIS - Daftar buronan pinjaman online merupakan salah satu kata kunci yang paling dicari dalam beberapa hari terakhir. Pasalnya saat ini pemerintah tengah fokus memberantasi pinjaman online ilegal yang meresahkan masyarakat. Pinjaman online ilegal cenderung memberikan banyak kemudahan seperti pinjaman online tanpa KTP dan kemudahan pencairan

Daftar pinjaman online ilegal di bawah ini hanya baru sebagian kecil dari seluruh daftar pinjol yang belum terverifikasi OJK. Namun, lewat daftar pinjol ilegal berikut diharapkan Anda tidak terjerumus pada salah satunya. Sebelum itu simak cara memilih pinjol legal dan aman di bawah ini.


Baca juga: Login Website Resmi Higgs Domino Island Topbos, Jadi Mitra dan Dapatkan Banyak Keuntungan

Baca juga: Update! Kode Penukaran Domino Hari Ini, 17 Desember 2023: Chip Gratis Hingga 10B dan Banjir Rewards Lainnya

Tips memilih Pinjol yang aman

  • Cek legalitas: Pastikan Pinjol yang Anda pilih sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Anda dapat mengeceknya di website OJK atau melalui aplikasi “OJK Cek Pinjaman”.
  • Periksa bunga dan biaya: Pastikan Anda memahami dengan jelas jumlah bunga dan biaya administrasi yang harus dibayar.
  • Jangan memberikan data pribadi yang sensitif: Jangan memberikan data seperti nomor kartu kredit atau nomor rekening bank jika Anda tidak yakin dengan keamanan penyedia Pinjol.
  • Cari tahu reputasi penyedia Pinjol: Cari tahu reputasi penyedia Pinjol yang Anda pilih melalui ulasan pengguna atau media sosial.

Baca juga: Sabtu-Minggu Berhadiah! Cek Kode Undangan JadiDuit Hari Ini 16 Desember 2023 Terbaru, Klaim Bonusnya Sekarang

Baca juga: Cara Cek Ketersediaan Pupuk Subsidi Banyuwangi dari Pemerintah 2023, Cari Tau Agar Kebagian Kuota

  • Pastikan Anda mampu membayar kembali: Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan Anda memiliki kemampuan untuk membayar kembali dalam waktu yang telah ditentukan.
  • Dengan mengikuti tips di atas dan memilih penyedia Pinjol yang terpercaya dan legal, diharapkan Anda dapat terhindar dari praktik ilegal dan mengurangi risiko menjadi buronan Pinjol.

Sumber:

UPDATE TERBARU